Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralPemerintah Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar Monyet, Begini Cara Mendapatkannya

Viral: Pemerintah Siapkan 10 Ribu Vaksin Cacar Monyet, Begini Cara Mendapatkannya

Diprioritaskan Pasien Cacar Monyet

Berita Terkini; Kasus Cacar Monyet telah masuk ke Indonesia. Pemerintah Indonesia gerak cepat menyiapkan 10 ribu vaksin untuk penyakit ini. Vaksin ini merupakan vaksin impor yang telah mendapatkan rekomendasi dari BPOM.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Syahrial mengatakan pihaknya sedang dalam proses meminta rekomendasi dari BPOM.

“Kami sedang memproses untuk pengadaan dan harus melalui rekomendasi BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan),” ujar Syahril melalui keterangan pers yang ditulis Satu Viral, Selasa (23/08).

Ia menegaskan vaksin ini berbeda dengan vaksin cacar air. Sebab cacar monyet berbeda dari cacar air. Saat ini, lanjut Syahril, BPOM sedang melakukan uji klinis pada produk vaksin cacar monyet bersama dengan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Jika sudah lolos uji klinis vaksin ini diutamakan akan diberikan pada orang yang menderita Cacar monyet. Serta kepada mereka yang kontak erat dengan penderita.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

WHO Sebut Darurat Cacar Monyet, Kemenkes Imbau Yang Bergejala Wajib Periksa Diri

Satuviral

“Insya Allah ada sekitar 10.000 vaksin diadakan dan akan diberikan ke yang menderita cacar monyet yang sedang inkubasi. Juga mereka yang kontak erat.” tegasnya.

Namun hingga saat ini Syahril belum mengumumkan nama vaksin serta nama pembuat dan negara asal produksi vaksin. Disamping menyiapkan vaksin, Pemerintah turut melakukan pengetatan penjagaan di pintu masuk negara Indonesia.

Pengetatan dilakukan di semua bandara, pelabuhan dan seluruh pintu kedatangan dari luar negeri di laut, udara dan darat. Salah satu langkah adalah mengedukasi petugas penjaga untuk mendeteksi awal semua pengunjung dari luar negeri.

Pasien Pertama Cacar Monyet Habis Jalan-Jalan ke Eropa

Pemerintah mengumumkan pasien pertama cacar monyet ditemukan pada pekan kedua Agustus. Pasien ini lelaki berusia 27 tahun dan berdomisili di Jakarta.

Syahril melanjutkan pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan ke negara yang masuk daftar terkonfirmasi cacar monyet. Pasien baru tiba di Indonesia pada 8 Agustus 2022.

“Pasien ini memang habis bepergian antara 22 Juli hingga 8 Agustus. Pergi ke Eropa. Ia mulai mengalami gejala tanggal 11 Agustus,” papar dia.
Setelah berkonsultasi ke beberapa fasilitas kesehatan, lanjut Syahril, sang pasien terkonfirmasi Cacar Monyet. Ia kemudian dirawat di salah satu rumah sakit milik Kementerian Kesehatan pada tanggal 18 Agustus. Namun hasil test PCR pasien terkonfirmasi positif pada malam hari tanggal 19 Agustus.

“Saat ini pasien dalam keadaan baik. Ada cacarnya atau ruam-ruamnya di muka, di telapak tangan dan kaki,” tutup Syahril.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com