Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralPenerima LPDP Diminta Pulang, Netizen Dorong Negara Beri Hukuman

Viral: Penerima LPDP Diminta Pulang, Netizen Dorong Negara Beri Hukuman

Ratusan Penerima LPDP Tak Mau Pulang

Info viral: Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta para alumni penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pulang ke Indonesia setelah selesai menempuh pendidikan di luar negeri. Sebab ratusan penerima LPDP enggan pulang.

Ia mengatakan, alumni LPDP seharusnya pulang ke Indonesia untuk mengabdi pada negara. Sebab ilmu dan pengalaman yang dimiliki para alumni diharapkan bisa memberikan kemajuan dan membuka cakrawala untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Viral: Video Dasyatnya Gempa di Turki

Satuviral
Penerima beasiswa LPDP - SatuViral – SATUVIRAL
Penerima beasiswa LPDP SatuViral

“Saya suka khawatir kalau ada orang yang semakin pintar sekolah ke luar negeri terus lupa menjadi orang Indonesia,” katanya melalui keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Senin (06/02)

Ani, sapaan akrab nya, mengatakan bahwa para alumni LPDP diberikan kebebasan untuk menentukan jurusan hingga universitas pilihan di dalam maupun luar negeri. Tujuannya agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan serta pengalaman di tingkat pendidikan tinggi tersebut.

Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto mengatakan sebanyak 413 alumni beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) belum kembali ke Indonesia setelah merampungkan studi. Mereka belum kembali dengan sejumlah alasan diantaranya menikah hingga masih terikat sejumlah pekerjaan.

- Advertisement -

Dari jumlah tersebut, ia melanjutkan sebanyak 144 di antaranya sudah dihubungi oleh LPDP dan mau kembali ke Tanah Air. Namun sisanya masih dalam proses komunikasi. LPDP juga melakukan komunikasi secara intensif dengan 169 penerima beasiswa lainnya supaya mereka mau kembali ke Indonesia.

Secara keseluruhan, jumlah penerima beasiswa LPDP sejak 2013 adalah sebanyak 35.536 orang. Jumlah Ini terdiri dari afirmasi 8.569 orang, targeted group 8.295 orang, dan umum 18.672 orang.

Dari jumlah tersebut, terdapat lebih dari 18 ribu alumni. Sebanyak 99 persen sudah kembali ke Indonesia. Seluruh penerima beasiswa tersebut dibiayai oleh hasil investasi dana abadi pendidikan yang mencapai lebih dari Rp120 triliun. Hasil investasinya mencapai Rp6 triliun.

Netizen Pro Kontra

Warganet pun pro kontra merespon pernyataan Menteri Sri Mulyani ini. Bahkan tagar #LPDP ramai jadi trending di twitter sejak 4 Februari. Beberapa netizen yang tidak setuju penerima LPDP balik mengatakan para lulusan LPDP kebanyakan karena tidak mendapatkan gaji yang rendah di Indonesia ketimbang di Luar negeri.

Namun netizen yang setuju mengatakan sebaiknya pemerintah memberi hukuman tegas bagi penerima LPDP yang tidak mau kembali.

Viral: Kronologi Ibu Muda Cabuli 11 Anak di Jambi

satuviral
beasiswa LPDP - SatuViral – SATUVIRAL
beasiswa LPDP – SatuViral

Berikut ini ada beberapa respon dari netizen mengenai penerima beasiswa LPDP, yang tidak ingin pulang ke Indonesia hingga kini viral di berbagai sosial media.

“Dari awal LPDP ini udah ngawur. Output kuliah master & doktor itu jadi researcher. Berharap lulusan2 luar negri bakal bikin industri di Indonesia? Udah pada gila ngimpi yg ga realistis. Tujuan yg realistis ya mentok2 mereka di Indonesia jadi dosen buat ngembangin ilmu pengetahuan,” kata akun Twitter @Sisymphus.

“Makanya ga usah ikut LPDP. Ikutnya beasiswa MEXT aja. Ga ada tuntutan apa-apa. Duit dari pemerintah negara lain,” kata akun Twitter @alifiaMD.

“LPDP itu dibayar pake uang pajak orang indonesia, mau ga mau mereka yang ambil beasiswa harus sadar mereka terikat untuk pulang setelah selesai,”triwin_arso menulis,

“Yang ga mau pulang, lebih baik kewarganegaraannya dicabut. Biar bingung dah lu.”tulis @rizalwi06622682.

Anti kudet dengan baca Satu Viral. Kamu bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -