Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralPengiriman Sumbangan Korban Cianjur Wajib Lapor Posko BNPB

Viral: Pengiriman Sumbangan Korban Cianjur Wajib Lapor Posko BNPB

Distribusi Bantuan Terpusat Agar Tidak Semerawut

Info Viral: Kepala Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) Suharyanto mengimbau pada seluruh relawan pembawa sumbangan untuk berkoordinasi dengan petugas BNPB. Imbauan dikeluarga agar proses pendistribusian bantuan bencana lebih jelas, tertib, dan lancar. Selain itu juga untuk mencegah tindakan saling rebutan antar korban pengungsi.

Suharyanto mengatakan BNPB sudah menciptakan alur dan jalur distribusi logistik yang jelas, tertib, dan lancar. Alur ini diciptakan guna menciptakan distribusi bahan pangan yang adil dan merata kepada seluruh korban bencana.

Alur distribusi bantuan bencana sebagai berikut pertama ketua RT akan mendata kebutuhan makanan atau perlengkapan serta jumlah warga korban gempa di tenda pengungsian. Kemudian dilaporkan ke Camat/ Lurah setempat. Lalu akan dilaporkan langsung ke posko pusat BNPB.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Pelaku Hadang Mobil Bantuan Bencana Cianjur Minta Maaf, Ternyata Motifnya Menyedihkan

Satuviral

Kemudian bantuan dan logistik akan dibawa oleh Dinas Perhubungan bersama TNI, Polri, BNPB dan BPBD menggunakan truk ke kecamatan. Jika logistik sudah sampai ke posko di kecamatan, langsung didistribusikan ke titik-titik pengungsian.

Kepala desa dibantu Babinsa dan Babinkamtibmas yang akan bawa ke posko pengungsian yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan.

“Jadi kontak kami dulu. Daripada mereka (relawan) membawa logistik sendiri ke (lokasi bencana). Belum tentu disambut (korban) dengan baik. Lebih baik ditaruh dulu di posko pusat BNPB,” ujarnya dalam siaran pers seperti ditulis Satuviral.com di Jakarta, Jumat (25/11/2022).

Dirinya menegaskan akan berupaya memperbaiki alur pendistribusian bantuan bencana. Agar kejadian penghadangan bantuan bencana gempa Cianjur tidak terulang kembali. Dirinya menjelaskan kejadian pencegatan bantuan kerap terjadi saat bencana. Lantaran para korban tidak sabaran menunggu bantuan tiba.

“Di tempat pengungsian juga banyak relawan yang datang membawa bantuan tanpa koordinasi. Banyak juga korban yang datang untuk mengambil bantuan tanpa koordinasi. Jadi semrawut ga terdata,” kata Suharyanto.

Kerahkan Helikopter Evakuasi Korban dan Logistik Bantuan

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Biadab! Ayah Perkosa Putri Kandung Sejak TK

Satuviral

Sebelumnya Presiden Jokowi telah menginstruksikan BNPB menggunakan Helikopter untuk membawa logistik dan bantuan ke korban bencana gempa Cianjur. Helikopter juga digunakan untuk mengevakuasi korban gempa di medan yang sulit dilalui lewat darat.

Pasalnya sejumlah posko pengungsian terletak di wilayah dataran tinggi yang sulit dijangkau truk dan mobil. Apalagi sejumlah jalan masuk menuju posko tertutup longsoran. Begitu juga lokasi rumah warga yang runtuh karena gempa. Banyak yang terletak di pegunungan dan perbukitan.

“Selasa pagi saya sampaikan gunakan heli kalau diperlukan. Karena titiknya (evakuasi dan pengungsi) terlalu banyak. Medannya juga naik turun gunung yang tidak mudah. tadi evakuasi ada 39 yang belum ditemukan, ” tegasnya disela-sela kunjungannya ke lokasi perawatan korban gempa pada Kamis (24/11/2022)

Dalam kunjungannya, Jokowi menekankan prioritas petugas saat ini adalah mengevakuasi dan pengobatan korban gempa. Ia juga turut memastikan proses pengobatan korban gempa di RSUD Sayang tetap maksimal.

Sementara itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau umat Islam untuk menggelar salat gaib untuk duka gempa Cianjur, Jawa Barat selepas ibadah Salat Jumat, (25/11/2022).

Baca semua info viral, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia dan berita viral terkini cuma di Satu viral . Jangan sampai kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com