Thursday, February 29, 2024
HomeTrending ViralPengungsi Rohingya Tidak Terdampar Melainkan Bertujuan Tinggal di Indonesia

Viral: Pengungsi Rohingya Tidak Terdampar Melainkan Bertujuan Tinggal di Indonesia

Pengakuan Pengungsi Rohingya

Info Viral – Pengungsi Rohingya tidak terdampar dan mengakui bahwa mereka datang ke Indonesia melalui “perantara” di Bangladesh.

Saat warga bertanya kenapa mereka bisa tahu berada di Indonesia jika terjebak. Salah satu pengungsi Rohingya bernama Deli Warsa mengaku berencana mengungsi ke Indonesia.

Mereka dikirim dari Bangladesh melalui “perantara” dan ditujukan ke Indonesia.

“Kemarin ada ‘perantara’ yang mengantar kami naik speedboat. Dia berangkat setelah itu,” kata Deli Varsa. Deli mengatakan jika pemerintah Indonesia mengizinkan, adik-adiknya, kakak laki-lakinya, pamannya, sepupunya, dan seluruh keluarganya akan mengikutinya dan mengungsi ke Indonesia.

- Advertisement -
Pengungsi Rohingya Tidak Terdampar Melainkan Bertujuan Tinggal di Indonesia – SATUVIRAL

Sejak November, enam perahu pengungsi Rohingya telah mendarat di Aceh. Keadaan spesifiknya, Kabupaten Pidie memiliki 3 kapal, Bireuen memiliki 1 kapal, dan Sabang memiliki 2 kapal. Lebih dari 1.200 pengungsi dipastikan tiba di Aceh.

Salah satu pengungsi Rohingnya lainnya asal Bangladesh bernama Muhammad Idris (40) mengatakan saat ini masih ada 6 rombongan kapal lagi di lautan yang sedang menuju Indonesia.

Media Singapura, The Straits Times menyoroti kedatangan pengungsi Rohingya yang mendarat di Aceh, utamanya di Kota Sabang pada Sabtu (2/12/2023) lalu.

Dalam laporannya, ratusan pengungsi Rohingya, termasuk anak-anak dan wanita, ini terdampar di pada Sabtu dini hari di Kota Sabang.

“Namun penduduk setempat mengancam akan mendorong mereka kembali ke laut,” laporan The Straits Times.

Kedatangan manusia perahu ini, tulis Straits Times, terjadi setelah lebih dari 1.000 pengungsi Rohingya mendarat di Aceh pada November lalu, yang merupakan gelombang kedatangan pengungsi Rohingya terbesar di Indonesia sejak tahun 2015.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -