Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationPesona Danau Matano Di Sulawesi Selatan, Pas Untuk Liburan Akhir Tahun!

Viral: Pesona Danau Matano Di Sulawesi Selatan, Pas Untuk Liburan Akhir Tahun!

Surga Kecil di Sulawesi Selatan

Info Viral: Jika Anda singgah di Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, objek wisata Danau Matano bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan liburan Anda.

Danau yang jaraknya sekitar satu kilometer dari kota Makassar ini merupakan salah satu dari beberapa danau purba di Indonesia.

Amsar, Ketua Badan Pengelola Desa Wisata Matano mengatakan, muara Danau Matano yang masuk ke Desa Matano memang menjadi destinasi yang sering dikunjungi masyarakat setempat.

Ini Destinasi Populer di Indonesia untuk Liburan Akhir Tahun

Satuviral

Sayangnya, masih belum dikelola sebelumnya. “Sampahnya banyak, jadi kita coba cari cara untuk mengelolanya agar kita juga bisa memberdayakan masyarakat sekitar,” ujarnya.

Mampir ke Taman Sungai Laa Waa

Desa Matano didukung oleh beberapa desa seperti Desa Nuha, Desa Nikkel, Desa Sorowako dan Desa Magani.

Agar bisa menyusuri Danau Matano, kita bisa mengunjungi Taman Sungai Laa Waa yang terletak di Desa Matano, Kecamatan Luwunuha Timur, seluas 3 hektar.

Pesona danau matano - Satuviral – SATUVIRAL

Pada waktu normal, rata-rata 30 orang mengunjungi tempat tersebut. Nantinya, direncanakan akan ada lebih banyak fasilitas wisata di sana.

“Bantuan fasilitas berupa banana boat dan speedboat nantinya juga akan diberikan untuk menunjang fasilitas di Taman Sungai Laa Waa,” imbuhnya.

Untuk masuk ke objek wisata Taman Sungai Laa Waa, wisatawan perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000.

Sedangkan wisatawan yang ingin bermalam dengan mendirikan tenda diwajibkan membayar Rp 10.000.

“Kami juga menyediakan camping dengan biaya Rp 100.000 per malam, sudah termasuk tenda, karpet, semuanya,” kata Lurah Matano Jumahir.

Sebuah gazebo yang dibangun di tepi danau bisa disewa dengan harga 30.000 rupiah sehari.

Melukat, Tradisi yang Kini Milik Semua Orang

Satuviral

Destinasi Sejuk nan Damai

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa merasakan dinginnya air pegunungan bertemu air danau yang hangat di Laa Waa River Park ini.

Sedangkan untuk dapat menjelajahi Danau Matano, pengunjung dapat menyewa perahu yang berangkat dari dermaga Taman Sungai Laa Waa.

Satu perahu untuk 5-10 orang atau disebut katinting dikenai biaya Rp 300.000 sehari.

Sedangkan untuk menyewa perahu rakit besar yang mampu menampung lebih dari 20 orang atau biasa disebut bago-bago, wisatawan perlu membayar 800.000 rupiah per hari.

Berjalan-jalan di sepanjang Danau Matano, wisatawan bisa berkayak dan snorkeling di air jernih Kampung Taipa di antara pulau-pulau kecil.

Mau update tentang berita terkini? Baca aja Satu Viral! Semua info viral, berita viral, gosip viral, dan artis viral ada disini!

Popular Categories

Ads on Satuviral