Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeTechPNS Bakal Punya Mobil Dinas Bertenaga Listrik, Segini Harganya

PNS Bakal Punya Mobil Dinas Bertenaga Listrik, Segini Harganya

Diprioritaskan PNS Jabodetabek

Berita Terkini; Pemerintah akan mengganti mobil dinas PNS menjadi mobil bertenaga listrik. Pergantian ini berdasarkan instruksi Presiden Jokowi Nomor 7 tahun 2022. Kira-kira, berapa harga mobil listrik yang sudah beredar di Indonesia ya?

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan, penggunaan kendaraan motor listrik diprioritaskan untuk PNS di kota-kota besar. Instruksi itu dikeluarkan dan mulai berlaku pada tanggal 13 September 2022. Namun penggunaannya dilakukan secara bertahap.

“Prioritas pertama tentu untuk PNS ya, pemerintah. Kemudian juga untuk daerah-daerah kota-kota besar. Khususnya Jakarta dan juga Bali,” kata Ma’ruf melalui keterangan pers seperti ditulis Satu Viral, Jumat (16/09).

Ia melanjutkan nantinya kasta kendaraan listrik yang akan digunakan bermacam-macam. Nantinya ada kendaraan listrik yang mewah, sedang hingga biasa. Saat ini, pemerintah masih mengatur pembagian jenis kendaraan listrik untuk pejabat. Juga yang akan dijual ke pihak swasta.

Mobil Listrik Wuling Mengaspal Tahun ini, Simak Spesifikasinya

Satuviral

Mobil Listrik Termurah Dibanderol Rp 200 jutaan

Berdasarkan informasi yang Satu Viral kumpulkan mobil listrik yang sudah diluncurkan di Indonesia termurah adalah merek WuLing Air ev. Mobil ini dibanderol Rp 238 juta, dengan kapasitas baterai 17,3-26,7 kWh. Wuling Air Ev dapat menempuh jarak 200 km (standar) dan 300 km (long range). Pengisian memakan waktu 8 jam pada 220V.

Sementara mobil listrik lainnya berada di kisaran Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar. Beberapa opsi lain bahkan tersedia untuk rentang harga yang lebih tinggi. Untuk kelas harga di bawah 1 Miliar ada Hyundai.

Mobil besutan Korea ini yang memiliki beberapa tipe mobil listrik. seperti Hyundai Ioniq Electric seharga Rp 682 juta, Kona Electric Rp 742 juta, Ioniq 5 varian prime senilai Rp 748 juta dan signature Rp 809 juta,

Ada pula Nissan Leaf seharga Rp 728 juta yang bebaterai 40 kWh dengan jarak tempuh 311 km. Pengisian memakan waktu 7 jam pada 220V dan membutuhkan waktu 7,9 detik untuk akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam.

Detik-detik Ustadzah Meningal Saat Baca Al Quran

Satuviral

Sementara mobil listrik dengan harga di atas Rp 1 miliar yakni Lexus UX 300e yang dibanderol Rp 1,43 miliar. Mobil mewah ini memiliki baterai 54,3 kWh dengan jarak tempuh 300 km. Pengisian memakan waktu 6,5 jam pada 220V dan membutuhkan waktu 7,5 detik untuk akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam.

Kedua ada Tesla Model 3 berkisar Rp 1,5 miliar, Tesla Model Y berkisar Rp 2-2,3 miliar. Terakhir adalah BMW IX Drive 40 seharga Rp 2,27 miliar.

Presiden Jokowi Target 2.000.000 Unit Kendaraan Listrik Digunakan Masyarakat pada 2025. Pihaknya tengah menggandeng swasta untuk membuat stasiun pengisian bahan bakar listrik untuk kendaraan bermotor ini.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,604FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
287FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement