Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralPolisi Bisa Tilang Lewat Ponsel, Begini Mekanismenya

Polisi Bisa Tilang Lewat Ponsel, Begini Mekanismenya

Berita VIral Korlantas Polri tengah menggencarkan program tilang elektronik atau ETLE berbasis kamera handphone. Program ini diadakan bersamaan dengan program kamera ETLE di jalanan.

Program tilang elektronik berbasis hape ini hanya diterapkan di wilayah yang tidak memiliki kamera ETLE jalananan.

Dengan adanya ETLE Mobile ini, pelanggar lalu lintas di area yang tak terdapat kamera ETLE statis juga dapat ditilang.

Salah satu wilayah yang menerapkan sistem ini adalah Jawa tengah. Kompol Muhammad Adiel Aristo selaku Kasigar Subdit Gakum Ditlantas Polda Jawa Tengah mengatakan Polda Jawa Tengah sudah menyebar personilnya melakukan tilang elektronik via ponsel.

Fakta-fakta Pergantian Plat Putih Pada Kendaraan

SatuiViral

Mekanisme Tilang ELektronik via Ponsel

Kompol Muhammad Adiel menjelaskan pertama polisi yang berpatroli akan memotret pelanggar lalu lintas menggunakan ponsel. Di dalamnya ponsel ini terhubung dengan aplikasi Mobile Sigap dan Go-Sigap.

“Ketika personel petugas Polantas sedang berpatroli berboncengan dengan sepeda motor, petugas yang di belakang melakukan hunting pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan alat khusus mobile go-sigap ini,” ujar Kompol Adiel pada Satu Viral.

Kemudian foto atau gambar tersebut langsung terkirim ke back office atau admin yang berada di kantor Ditlantas Polda Jawa Tengah.

Petugas back office pun segera merinci dan memvalidasi pelanggaran. Lalu mengirimkan surat pemberitahuan pelanggaran.

“Setelah surat konfirmasi tiba di rumah pelanggar, pelanggar mendapatkan pelayanan secara online, yang mana nomor handphone call center sudah berada di surat konfirmasi tersebut,” papar Kompol Adiel.

Kemudian pelanggar dapat melaksanakan tanya-jawab, dan juga dapat menyelesaikan tilang tersebut tanpa harus datang ke kantor polisi. Selanjutnya oelanggar mengirimkan (foto) KTP, SIM, dan STNK kendaraan via online.

Wanita Berhijab Pamer Payudara di Tiktok

SatuiViral

“Petugas yang ada di admin atau back office akan membantu untuk membuatkan tilang online. Juga memberikan nomor BRIVA-nya untuk pembayaran,” lanjutnya.

Pelanggar yang sudah mendapatkan nomor BRIVA bisa langsung membayar. Lalu kirim bukti pembayaran tilangnya ke call center kepolisian terkait dan proses tilang dianggap selesai.

Polda Jawa Tengah mengatakan, program ETLE Mobile ini sukses menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab kecelakaan lalu lintas bermuara dari pelanggaran lalu lintas.

Jenis Pelanggaran yang Dapat ditilang via Ponsel

Kompol Adiel menjelaskan jenis pelanggaran yang dapat ditangkap oleh ETLE Mobil adalah pelanggaran lalu lintas yang kasat mata.

“Pelanggaran yang kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, kemudian tidak menggunakan spion, nomor polisi atau TNKB tidak sesuai dengan spektek atau tidak sesuai aturan, dan masih banyak pelanggaran-pelanggaran kasat mata lainnya,” pungkasnya.

Selalu menggunakan helm dan melengkapi surat-surat kendaraan agar tidak kena tilang ya.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Kumpulan Berita Viral SatuViral

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement