Monday, January 30, 2023
- Advertisement -
HomeHealthPotensi Bahaya Cabut Komedo dengan Putih Telur

Viral: Potensi Bahaya Cabut Komedo dengan Putih Telur

Bahaya Cabut Komedo dengan Putih Telur

Info Viral: Baru-baru ini, video viral mencabut komedo dengan menggunakan putih telur ramai di TikTok. Namun para ahli menyayangkan dan tidak menyarankan untuk mencoba metode ini di rumah.

Armen Adamjan, pemilik akun TikTok @creative_explained, menggunakan kuas untuk mengoleskan putih telur ke hidungnya. Kemudian dia menutupinya dengan selapis kertas tipis.

Dia juga membiarkan lapisan itu selama 10-15 menit, lalu melepaskannya perlahan. Setelah itu, ia menunjukkan komedo yang berhasil diangkat berkat putih telurnya.

Video Adamjan menjadi viral, mengumpulkan 4,4 juta penayangan dan ribuan komentar.

Bahaya Cabut Komedo Pakai Putih Telur - Satuviral – SATUVIRAL

Waspada! Ini Tiga Penyebab Vertigo yang Paling Umum

Satuviral

Potensi Bahaya

Rachel Robertson, pakar perawatan kulit dan pendiri Bedew Skin, menyebut putih telur tidak efektif dan berpotensi berbahaya.

“Putih telur memang mengandung lisozim, yang memecah bakteri pada kulit, tetapi putih telur sebagian besar terbuat dari air, sehingga manfaatnya sangat terbatas dibandingkan dengan produk yang dirancang untuk tujuan tertentu,” kata Robertson seperti dikutip dari The Mirror.

Selanjutnya

Hanya saja, Adamjan mampu memperlihatkan komedo yang ditarik keluar dan menempel di lapisan kertas. Bukankah cara ini sangat efektif?

Kotoran yang dikeluarkan sering disalahartikan sebagai komedo, jelas Robertson. Teknik ini dapat digunakan pada area permukaan kotoran dan minyak atau filamen sebaceous.

Dia melanjutkan bahwa komedo yang sebenarnya membutuhkan ekstraksi yang tepat. Kemudian kekencangan pada kulit disebabkan kandungan protein pada telur yang hanya bersifat sementara.

Bahaya Cabut Komedo Pakai Putih Telur - Satuviral – SATUVIRAL

Kisah Menantu dan Mertua Selingkuh Disebut Gerontofilia, Kenali Ciri-cirinya

Satuviral

Sedangkan komedo sendiri merupakan salah satu jenis jerawat yang berkembang ketika sel kulit mati dan minyak menyumbat pori-pori. Memencet, menarik dan mengeluarkan komedo dengan tangan bukanlah pilihan yang baik.

Berikut adalah beberapa cara aman untuk menghilangkan komedo, menurut WebMD.

1. Asam Salisilat (Salicylic Acid)

Asam salisilat merupakan bahan yang banyak digunakan dalam produk pembersih kulit. Asam salisilat memecah sel kulit mati dan minyak berlebih sebelum menyumbat pori-pori.

Pilih produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat. Sebaiknya pilih asam salisilat dengan konsentrasi rendah terlebih dahulu untuk melihat reaksi kulit.

2. Retinoid

Retinoid membuka pori-pori dan membantu menciptakan sel-sel kulit baru. Turunan vitamin A ini bisa ditemukan di berbagai merek produk perawatan kulit. 

Satu hal yang harus diwaspadai adalah kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menggunakan retinoid pada malam hari.

3. Ekstraksi

Ekstraksi di rumah tidak dianjurkan. Dengan alat khusus, kamu akan mendapatkan hasil terbaik jika pencabutan dilakukan di klinik kosmetik atau di dokter kulit

Yuk, ikutin terus Satuviral. Kapan lagi kamu bisa dapetin info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral