Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationPuluhan Rumah Transmigran di Sumedang Jadi Desa Adat

Viral: Puluhan Rumah Transmigran di Sumedang Jadi Desa Adat

Desa Adat di Sumedang

Info Viral: Sumedang memiliki desa adat yang benar-benar unik. Desa wisata ini menjadi tempat berkumpulnya para transmigran. Desa Sempurmayung, Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang dirancang dengan konsep wisata pedesaan tradisional. 

Desa ini dikenal sebagai rumah bagi banyak warga Sumedang mantan imigran dari wilayah Indonesia. Mereka pindah ke Kampung Sepurmayung antara tahun 2002 dan pertengahan tahun 2003 melalui program pemerintah berupa relokasi lokal (translok). 

Mereka terpaksa kembali ke kampung halaman akibat bentrokan di wilayah yang dulu mereka tempati.

Seperti yang diungkapkan salah satu transmigran, Maryadi atau akrab diapnggil Ade (50 tahun). Warga Sumedang ini merupakan pendatang dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Puluhan Rumah Transmigran di Sumedang Jadi Desa Adat - Satuviral – SATUVIRAL

5 Kota Terbaik dengan Biaya Hidup Murah

Satuviral

Ketika dia masih muda, dia pergi ke Aceh bersama orang tuanya sekitar tahun 1983, di mana dia menghabiskan banyak masa mudanya di Aceh. Bahkan istrinya sendiri adalah sesama pendatang Aceh dari Sumedang.

“Kami pindah ke Sumedang tahun 1999, pada puncak konflik di Aceh,” jelasnya.

Disediakan Khusus untuk Warga Translok

Saat itu, rencana relokasi Sumedang sendiri bertempat di dua lokasi di kampung Cimarga, yakni Kampung Margawati dan Kampung Gunung Lingga. Ia akhirnya memilih tinggal di Bukit Lingga atau dikenal dengan Kampung Sempurmayung.

Saat itu, ia awalnya masih asing dengan bentuk arsitektur yang disediakan Desa Sempurmayung untuk warga translok. Hal ini dikarenakan bentuk bangunannya yang sangat unik dan menyatu, sedikit mirip dengan perkampungan adat.

“Awalnya aneh, karena di tempat lain di daerah transmigran, bangunannya tidak seperti itu,” katanya.

Desa Adat Sempurmayung saat ini dihuni oleh lebih dari 60 kepala keluarga (KK) dengan sekitar 56 unit rumah yang ada. Beberapa di antaranya masih mempertahankan tampilan asli rumahnya.

Dapetin terus berita-berita eksklusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral