Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeDestinationRelaxasi ke Pulau Awet Muda Gili Iyang

Viral: Relaxasi ke Pulau Awet Muda Gili Iyang

Pulau Udara Tersehat di Indonesia

Wisata Viral; Weekend ini mau jalan-jalan kemana Sobat Viral? Coba sesekali jadwalkan kegiatan relaksasi ke Gili Iyang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau yang disebut sebagai pulau awet muda ini memiliki kadar oksigen tertinggi di Indonesia. Tak heran banyak penduduknya yang hidup panjang umur.

Gili yang berarti pulau ini berjarak sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Sumenep. Pulaunya tidak begitu luas, hanya sekitar 9,15 km2. Di dalamnya terdiri dari dua desa yakni Bancamara dan Banraas. Penduduk dari dua desa tersebut sekitar 7 ribu jiwa.

Kadar oksigen di pulau ini 20,9 persen pada siang hari dan 21 persen lebih pada malam hari. Kamu akan merasakan nafasmu begitu plong dan ringan saat di pulau ini. Bersihnya udara disini membuat tubuhmu terasa ringan dan beban seperti menghilang entah kemana.
Ketua Pokdarwis Gili Iyang Ahyak Ulumuddin mengatakan banyak warga Gili Iyang yang berumur di atas 90 tahun. Di tahun 2018, warga yang umur 100-125 tahun ad 57 orang. Sementara yang berumur 80-100 tahun ada 100 lebih orang. Karena itu, kamu akan merasa awet muda ketika berwisata ke pulau ini.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Healing Sambil Snorkling dan Hiking di Banda Neira

Satuviral

“Makanya Gili Iyang sempat disebut pulau awet muda,” imbuhnya.

Masuk ke dalam pulau ini, kamu akan menemukan sebuah pulau yang masih sangat alami dan perawan. Di Gili Iyang, masih banyak pohon rindang tumbuh subur. Selain itu, tidak banyak kendaraan bermotor yang melintas, yang membuat udara Gili Iyang jauh dari polusi. Gili Iyang juga punya suasana yang cukup tenang.

Cobalah untuk berjalan kaki atau jogging di pagi dan sore hari. Rasakan udara segar membersihkan paru-parumu. Sembari cuci mata melihat pemandangan hijau dan hamparan sawah di mana-mana.

Salah satu pantai yang menjadi referensi banyak wisatawan adalah Pantai Ropet. Cobalah untuk snorkeling ataupun berenang menyelam di lautan biru. Puas berenang, kamu bisa bersantai di pantai berkarang, atau bermain-main di pantai dengan pasir yang indah.

Pantai di sini sebagian besar pantai karang. Dari celah-celah batu karang ini, kamu bisa menyaksikan sinar matahari pagi atau sore yang elok. Jika ingin berkunjung ke pantai ini, pelancong disarankan datang pagi-pagi sekali. Pasalnya,pemandangan terindah bisa didapatkan saat matahari terbit.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Mengunjungi ‘Kerajaan’ Kelinci di Rabbit Town Bandung

Satuviral

Nah, bagi kamu traveler yang suka berwisata mengunjungi goa, ada banyak goa yang bisa Anda kunjungi di tempat ini. Tidak tanggung-tanggung, Gili Iyang memiliki 10 gua indah yang siap kamu jelajahi. Salah satu yang direkomendasikan adalah Goa Mahakarya yang memiliki luas mencapai 800 meter persegi. Goa ini memiliki tujuh ruang yang cukup lapang, dengan stalaktit dan stalakmit yang menakjubkan.

Selain itu, ada juga goa dengan sumber air tawar meski lokasinya berdekatan dengan pantai. Goa yang unik tersebut bernama Goa Air, yang memiliki kedalaman hingga 150 meter. Alternatif goa lainnya, ada Goa Syariah yang menjadi favorit remaja untuk ngabuburit saat Ramadan.

Kalau kamu ga berani dengan tantangan menjelajah ke Gua, kamu bisa coba berinteraksi dengan penduduk setempat. Di Gili Iyang, pelancong dapat menjelajah pulau ditemani penduduk setempat. Namun, kamu perlu pergi bersama pemandu, karena penduduknya banyak yang belum lancar berbahasa Indonesia.

Transportasi dan Akomodasi ke Gili Iyang

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Jika punya uang lebih, ambillah perjalanan via udara ke ke Bandara Trunojoyo Sumenep. Kamu bisa juga naik bus dari Terminal Bungurasih menuju Terminal Arya Wiraraja Sumenep. Setibanya di Sumenep, lanjutkan perjalanan dengan menumpang angkutan umum atau menyewa mobil menuju Pelabuhan Dungkek.

Kemudian menyebrang ke Gili Iyang menggunakan perahu atau kapal menyeberangi perairan Pulau Madura. Dalam kondisi normal, perjalanan ke Gili Iyang memakan waktu 45 menit sampai satu jam. Apabila kamu ingin singgah lebih lama di Gili Iyang, tidak usah khawatir.

Pasalnya, pengunjung bisa menginap di homestay yang menjadi satu dengan pemilik rumah. Biasanya, pemilik rumah atau penginapan akan menyiapkan sarapan pagi jika ada tamu yang menginap. Namun, untuk keperluan kuliner,kamu bisa membelinya di warung-warung makan sederhana. Tidak ada hotel berbintang, dan cafe disini. Jadi siapkan dirimu untuk liburan ala backpackeran.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa tonton dan pantengin Youtube satu viral biar ga kudet ketinggalan berita. karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com