Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeKulinerResep Makanan Imlek Siu Mie Goreng

Viral: Resep Makanan Imlek Siu Mie Goreng

Masakan Imlek Simbol Panjang Umur

Kuliner Viral: Tahun baru Imlek merupakan hari raya besar bagi warga Tiongkok (Tionghoa). Menyajikan makanan enak untuk keluarga di rumah adalah sebuah keharusan saat merayakan Imlek. Ada banyak sekali makanan yang bisa disajikan saat Imlek, salah satunya Siu Mie Goreng.

Mie selama ini dipercaya orang Tionghoa sebagai simboll panjang umur dan kebahagiaan. Maka makanan mie selalu ada pada perayaan Imlek. Siu Mie adalah makanan mie biasa yang digoreng saat perayaan Imlek.

Viral: Resep Kue Keranjang Imlek Anti Gagal

Satuivral
Resep Siu Mie Imlek- Satu Viral – SATUVIRAL
Resep Siu Mie Imlek-

Orang Chinese percaya memasak dan memakan Siu mie panjang umur ini menunjukkan simbol bahwa di tahun berikutnya akan ada banyak kebahagiaan yang tidak terputus.

Cara memasaknya ialah ditumis dengan sedikit minyak supaya tidak menggumpal. Hanya saja saat memasak, menyajikan, dan memakannya siu mie tidak boleh terputus.

Sebab jika terputus ini dipercaya dapat mengurangi usia seseorang. Selain dihidangkan saat perayaan Imlek, siu mie juga disajikan ketika merayakan ulang tahun. Ini dia resep siu mie imlek.

Bahan Masakan Imlek Siu Mie

  • 400 gram mie basah/mie kuning
  • 10-12 butir telur puyuh rebus (optional)
  • ¼ buah kol diiris tipis
  • 100 gram ati ampela dipotong-potong
  • 5 siung bawang putih dicincang halus
  • 2 ikat sawi hijau dipotong sesuai selera
  • 2 buah cabe merah iris serong
  • 5 sdm minyak goreng
  • 6 sdm saus tiram
  • Bawang goreng secukupnya

Viral: Resep Sup Delapan Bentuk Khas Imlek

Satuivral

Cara Membuat :

  1. Didihkan air dalam panci. Rebus mi kuning sampai matang atau sekitar 3 sampai 5 menit. Aduk-aduk supaya tidak lengket. Tiriskan menggunakan saringan lalu bilas dengan air dingin dan tiriskan kembali.
  2. Taruh mi dalam wadah lalu beri minyak wijen, aduk rata.
    Campur ayam dalam mangkuk lalu tambahkan parutan jahe, sedikit cuka beras, tepung maizena, kecap asin, garam, dan lada bubuk. Aduk perlahan. Dalam mangkuk lainnya, campur sisa cuka beras dan satu sendok kecap asin.
  3. Tumis bawang putih dan bubuk cabai selama 10 detik. Masukkan ayam yang sudah dicampur dengan bumbu, masak sekitar sekitar 3 menit atau hingga ayam mulai matang. Angkat dan sisihkan.
  4. Tumis kubis dan jamur sekitar 1 menit atau sampai layu menggunakan bekas tumisan ayamnya. Jika sudah, matikan api dan campur dengan tumisan ayam.
  5. Panaskan minyak kembali lalu tumis mi kuning selama 30 detik. Masukkan campuran cuka beras dan kecap asin yang sudah disiapkan sebelumnya.
  6. Lalu masukkan juga tumisan ayam, sayuran, serta daun bawang. Bumbui dengan garam dan kaldu jamur. Tumis sebentar kurang lebih sekitar 2 menit sampai ayam dan sayuran tercampur.
  7. Angkat siu mie lalu tuang ke dalam mangkuk saji. Beri taburan bawang goreng di atasnya lalu sajikan.

Untuk sayur dan daging bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalnya kubis bisa diganti dengan sawi lalu daging ayam diganti dengan udang. Selamat mencoba ladies.

Dapatkan resep makanan dan masakan lainnya di Satu Viral. Kamu juga bisa dapat info viral, berita terkini, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia,  dan berita viral disini.

Popular Categories

Ads on Satuviral