Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralSembilan Tradisi Unik Menyambut Maulid Nabi

Viral: Sembilan Tradisi Unik Menyambut Maulid Nabi

Tradisi Turun Temurun

Berita Terkini; Masyarakat Indonesia memperingati Maulid Nabi pada esok, Sabtu (08/10/2022). Kata maulid dalam bahasa Arab memiliki arti hari lahir. Sementara Maulid Nabi adalah hari raya, jadi Maulid Nabi adalah peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW.

Umat Muslim di berbagai negara merayakan Maulid Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Berikut sejumlah kegiatan dan tradisi diselenggarakan saat perayaan Maulid Nabi dari daerah-daerah di Indonesia.

  1. Solo dan Yogyakarta

Perayaan Maulid Nabi di daerah Solo dan Yogyakarta, dilakukan dengan cara yang unik. Setiap Maulid Nabi, keraton Solo dan Yogyakarta mengadakan Grebek Maulud. Ini adalah acara pawai gunungan hasil bumi yang bermakna amal sedekah dari raja Yogyakarta dan Sultan Solo.

Gunungan hasil bumi akan diarak dari Keraton Yogyakarta atau Solo ke Masjid besar. Gunungan itu diarak oleh para Prajurit Mataram. Usai tiba di Masjid, gunungan hasil bumi akan diperebutkan oleh masyarakat. Warga yang bisa mendapatkan gunungan dipercaya dapat mendatangkan rejeki dan berkah.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Viral! Bocah Akting Kesurupan Saat Kena Razia

Satuviral
  1. Mojokerto, Jawa Timur

Tradisi perayaan Maulid Nabi di Mojokerto sangat identik dengan Keresan. Kegiatan ini hampir mirip dengan Grebeg di Yogyakarta. Dimana adanya pembagian sedekah hasil bumi. Namun bedanya hasil bumi ini diikat di Pohon Keres.

Pohon Keres yang lebat dengan aneka hasil bumi ini merupakan simbol kelahiran Nabi Muhammad yang membawa berkah bagi umat muslim di seluruh dunia. Kemudian warga masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan aneka hasil bumi yang diikat di atas pohon keres.

  1. Banten, Jawa Barat

Di Banten, masyarakat setempat merayakan Maulid Nabi dengan acara seru yang bernama ngeropok (rebutan) Panjang Maulid. Di acara ini akan ada gerobak hias diarak keliling masyarakat. Gerobak itu berisi hasil bumi, makanan dan pakain. Usai selesai diarak, masyarakat bebas mengambil isi di dalam gerobak.

  1. Madiun, Jawa Timur

Di Madiun, Jawa Timur kamu digelar serangkaian acara grebeg. Pada puncak acara akan ada Kirab Gunungan Jaler Estri yakni prosesi iring-iringan dua gunungan berisi jajan pasar dan hasil bumi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Petinggi Indomaret Tewas Tertabrak Truk

Satuviral

5. Muludhen/muludan

Tradisi ini banyak dilakukan di Pulau Madura, Jawa Timur yang diisi dengan pembacaan barzanji (riwayat hidup Nabi) dan sedikit selingan ceramah kebaikan Nabi.Masyarakat datang ke masjid untuk merayakan Maulid Agung dengan membawa tumpeng yang dipenuhi beragam buah yang ditusuk dengan lidi dan dilekatkan kepada tumpeng.

6. Baayun

Kegiatan ini dilakukan di Banjarmasin. Tradisi Baayun Maulid dilakukan dengan cara membaca atau berzikir dan shalawat nabi dengan berayun di ayunan. Kegiatan ini diikuti dari segala usia dan biasanya dilaksanakan di sekitar masjid. Agar tampak meriah tak jarang ada yang menghiasi ayunan dengan pernak-pernik dan janur.

7. Maudu Lompoa

Salah satu tradisi di Sulawesi Selatan yang unik yakni Maudu Lompoa (Maulid Besar). Kegiatan ini berupa menghias perahu dengan telur hias dan selendang warna-warni. Perahu hias itu berada di sepanjang tepian sungai dan diisi berbagai bahan makanan tradisional. Makanan itu nantinya dapat dinikmati masyarakat setempat.

8. Bungo Lado

Bungo Lado berarti bunga cabai. Tradisi ini dilakukan di Padang Pariaman, Sumatera Barat Saat Bungo Lado dilakukan masyarakat menghias pohon dengan uang kertas yang ditempel pada ranting-ranting pohon. Pohon juga dipercantik dengan kertas hias. Tradisi ini juga menjadi ajang warga perantau untuk menyumbang pembangunan rumah ibadah di daerah itu.

9. Walima

Tradisi unik turun temurun di Gorontalo. Masyarakat menyiapkan kue-kue tradisional yang disusun sedemikian rupa dan diarak dari rumah menuju masjid terdekat. Kue khas tradisional lainnya dikemas dalam plastik, ditata, dan dihias sedemikian rupa sebelum diarak dengan mobil yang mampu menarik perhatian ribuan warga yang memadati tepi jalan

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com