Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralSemirip Apa Sih Manusia dengan Kera?

Viral: Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera?

Katanya Ada Kemiripan Genetik

Info Viral: Berdasarkan kesamaan genetik dan membaca teori evolusi Charles Darwin, manusia sering dianggap berasal dari keluarga yang sama atau keturunan monyet.

Apakah ini fakta ilmiah yang nyata?

Manusia, kera, monyet, dan hewan lainnya tergolong primata, dan merupakan salah satu ordo dalam kelas mamalia. Melansir situs American Museum of Natural History, keduanya memang memiliki kemiripan.

Karena berjenis primata, DNA manusia rata-rata 96 persen identik dengan DNA spesies primata yang menjadi kerabat terjauh. Sementara, tingkat kemiripan DNA dengan kerabat terdekat seperti simpanse dan kera bonobos mencapai 99 persen.

Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera? - Satuviral – SATUVIRAL

Ini Kata Hawking Soal Surga

Satuviral

Selain itu, sebagian besar primata memiliki beberapa kesamaan, seperti otak besar, penglihatan lebih penting daripada penciuman, tangan beradaptasi untuk menggenggam, umur panjang tetapi pertumbuhan lambat, keturunan sedikit, dan berada dalam kelompok sosial yang kompleks.

Terlepas dari beberapa kesamaan, manusia dan kera besar mengikuti lintasan evolusi yang berbeda. Robert Morris Sapolsky, profesor neurologi di Stanford University, dikutip dari Discover Magazine, mengatakan manusia menyimpang dari jalur evolusi simpanse dan bonobo sekitar 6 juta tahun yang lalu.

Selain itu, manusia berpisah dari gorila sekitar 10 juta tahun lalu dan dari orangutan sekitar 14 juta tahun lalu.

Proses perubahan genetika

Selain itu, kesamaan DNA belum tentu menjadi alasan untuk menyebut manusia sebagai keturunan monyet atau kera. Pasalnya, ada perubahan genetik yang berdampak besar.

DNA, atau asam deoksiribonukleat, terdiri dari hanya empat molekul yang disebut nukleotida: adenin (A), sitosin (C), guanin (G), dan timin (T).

Semirip Apa Sih Manusia dengan Kera? - Satuviral – SATUVIRAL

Apa Bisa Manusia Hidup di Air Seperti Anti-Hero Namor?

Satuviral

Kode DNA setiap spesies terdiri dari miliaran huruf ini dalam urutan yang presisi. Jika, ketika DNA disalin di dalam sperma atau sel telur, sebuah nukleotida ternyata disalin dengan salah, itu menyebabkan mutasi.

Jika mutasi ini diwariskan dari generasi ke generasi, itu menjadi perbedaan DNA. Dalam genom yang melibatkan miliaran nukleotida, perbedaan dua persen pun dapat diterjemahkan menjadi puluhan juta perbedaan ACGT.

Selisih dua persen saja bisa menyebar sangat luas. Manusia dan simpanse masing-masing memiliki 20.000 hingga 30.000 gen.

Update terus dengan Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan info viral di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral