Saturday, January 28, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralSeperti Film, Tukang Becak Nyamar Kelabui Teller Bank Rp 345 Juta

Viral: Seperti Film, Tukang Becak Nyamar Kelabui Teller Bank Rp 345 Juta

Tukang Becak Berhasil Kelabui Teller Bank Rp 345 Juta

Info Viral: Pria itu berhasil mengelabui teller bank untuk menarik 345 juta rupiah dari rekening orang lain. Tak perlu topeng wajah silikon seperti di film Mission: Impossible pria hanya perlu memakai masker dan topi.

Orang itu adalah Setu, seorang tukang becak di Surabaya yang menguras semua uang dari rekening seorang pria bernama Muin Zachry. Setu belum pernah bertemu atau mengenal Muin sebelumnya.

Sore hari Jumat, 5 Agustus 2022, Setu datang ke bank untuk mencairkan rekening Muin. Dia berlatih meniru tanda tangan Muin. Selanjutnya tinggal menambahkan topi dan masker.

Seorang teller bank swasta di Jalan Indrapura bernama Maharani Istono Putri tertipu habis-habisan dengan penampilan Setu yang sangat mirip dengan Muin. Dan, keadaannya sangat mendukung.

Tukang Becak Berhasil Kelabui Teller Bank Rp 345 Juta - Satuviral – SATUVIRAL

Toko Kue Ruben Onsu Kemalingan, Barang ini Hilang

Satuviral

Manfaatkan Waktu Salat Jum’at

Setu memanfaatkan waktu salat Jumat dalam menjalankan operasinya. Saat itu bank sedang sepi. Banyak karyawan laki-laki yang hari Jumat, dan anjuran untuk memakai masker tetap berlaku.

Penyamaran Setu sempurna, kata Putri dalam keterangannya saat menghadiri sidang PN Surabaya. Pria yang mirip sekali dengan Muin itu membawa buku tabungan, KTP asli dan nomor PIN yang diingatnya.

“Pak Setu bawa buku tabungan, tahu nomor PIN, dan KTP asli juga,” kata Putri, Selasa (17/1/2023).

Putri mengakui kelemahannya. Dia tak memperhatikan postur tubuh Setu secara detail dan menyamakan kemiripannya dengan Muin. Katanya, wajah Setu memang mirip dengan Muin.

“Sempat saya tanya ‘Kok sendirian, Pak?’ Dia jawab ‘anak saya menunggu di mobil’,” ujar Putri.

Tanda Tangan Mirip dengan Pemilik Rekening

Karena yakin Setu adalah Muin, Putri langsung memproses penarikan tunai Muin sesuai prosedur yang berlaku di bank tempatnya bekerja.

Lebih detail, Putri membenarkan bahwa tanda tangan Setu mirip dengan Muin. Dia memperhatikan, menatap lurus ke slip penarikan yang diberikan Setu padanya.

“Spesimen tanda tangan, hasilnya sama (dengan tanda tangan korban),” tuturnya.

Meski begitu, ia mengaku tidak melakukan pengecekan atau konfirmasi kepada pemilik akun asli, Muin, melalui telepon. Pasalnya, Setu diyakini sebagai pemilik rekening yang menarik uang dari bank itu sendiri.

Tukang Becak Berhasil Kelabui Teller Bank Rp 345 Juta - Satuviral – SATUVIRAL

Pencuri ini Ketiduran Dalam Ruang Guru SD, Alasannya Bikin Ngakak

Satuviral

“Karena pemilik sendiri yang ambil beda dengan yang mengambil orang lain (harus menyertakan surat kuasa),” kata dia.

Didakwa Bobol Tabungan Pemilik Rekening

Dalam gugatan yang diajukan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Estik Dilla, Setu bersama Mohammad Thoha terbukti bersalah membobol simpanan Muin.

Namun, dalam surat dakwaan, pelaku utama pembobolan rekening Muin adalah Thoha yang menyewa kos di rumah Muin di Jalan Semarang, Surabaya.

Thoha adalah orang yang membuat rencana. Mulailah dengan mencuri KTP, buku tabungan, dan kartu ATM Muin. Aksi itu ia lakukan ketika Muin sudah berangkat shalat Jumat di masjid.

Selanjutnya, Toha mencari seseorang dengan pose dan wajah yang sama dengan Mu-in. Hingga ia bertemu dengan Setu, seorang pengemudi becak yang berdiri di pinggir jalan.

Setelah mengobrol singkat, hingga Setu mengetahui tanda tangan Muin, tukang becak itu pun pergi ke bank untuk melakukan pekerjaannya. Aksinya pun berhasil menguras tabungan Muin tanpa adegan rumit seperti perampokan bank di Ocean’s Eleven.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satuviral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral