Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeHealthSering Lupa? 5 Makanan Ini Tingkatkan Daya Ingat

Viral: Sering Lupa? 5 Makanan Ini Tingkatkan Daya Ingat

Makanan Ini Tingkatkan Daya Ingat

Info Viral: Sejumlah makanan ini akan meningkatkan daya ingat seseorang jika dikonsumsi tak berlebihan. Sebab, ada beberapa kandungan dalam makanan yang bisa mempengaruhi kesehatan otak.

“Ada diet khusus yang disarankan untuk kesehatan otak yang optimal. Kami memiliki bukti kuatnya,” ujar ahli memori dan kesehatan otak, Babak Tousi.

Beberapa makanan ini disebut dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Pasalnya, seiring pertambahan usia, otak akan mengalami perubahan.

Viral: Cegah Efek Buruk Polusi Udara dengan Makanan Ini

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut beberapa makanan untuk meningkatkan daya ingat yang bisa kamu konsumsi, mengutip Healthline.

1. Ikan salmon

Salmon dan ikan berlemak yang berada di urutan teratas dalam daftar makanan yang baik untuk kesehatan otak.

Kandungan lemak omega-3 yang dimiliki salmon dibutuhkan otak untuk meningkatkan sel-sel dan saraf. Lemak satu ini juga berperan penting untuk meningkatkan memori.

Selain salmon, kamu juga bisa mendapatkan manfaat ini dari ikan kembung, tuna, dan sarden.

2. Blueberry

Blueberry dan buah beri berwarna gelap lainnya menghasilkan anthocyanin, senyawa tanaman yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan.

Antioksidan bertindak dalam melawan stres oksidatif yang memicu peradangan, kondisi yang dapat menyebabkan penuaan otak.

Berdasarkan ulasan dari 11 studi yang ada, blueberry dapat membantu meningkatkan daya ingat dan proses kognitif tertentu pada anak dan kelompok lanjut usia (lansia).

Viral: Makan Telur Bisa Bikin Luka Tambah Borok

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

3. Kunyit

Curcumin, senyawa aktif dalam kunyit, terbukti dapat melintasi penghalang antara darah dan otak. Artinya, darah dapat langsung masuk ke otak dan memberikan manfaatnya untuk sel-sel yang ada di sana.

Tak cuma itu, curcumin juga ditemukan dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer.

4. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang kaya akan vitamin K. Vitamin satu ini dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak.

Vitamin K berperan penting dalam membentuk sphingolipids. Nama terakhir merupakan sejenis lemak yang dikemas dengan padat ke dalam sel otak.

Tak cuma itu, beberapa penelitian pada lansia juga telah mengaitkan hubungan antara vitamin K dengan kemampuan daya ingat dan status kognitif yang lebih baik.

Di luar vitamin K, brokoli juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat melindungi otak dari kerusakan.

5. Dark chocolate

Dark chocolate kaya akan nutrisi yang dibutuhkan otak seperti flavonoid, kafein, dan senyawa antioksidan.

Flavonoid, misalnya, yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dan daya ingat. Para peneliti percaya bahwa senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan menekan risiko penurunan mental akibat pertambahan usia.

Kapan lagi kamu bisa dapat berita eksklusif setiap hari? Cuma di Satu Viral. Di mana aja kapan aja kamu bisa dapetin info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral