Advertisement
Saturday, August 20, 2022
Advertisement

Seruput Segarnya Es Dawet Jembut Kecabut Purwerejo

Makanan Viral, Berkunjung ke Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah belum lengkap rasanya jika belum menikmati es Dawet Jembut Kecabut. Meskipun namanya terdengar saru, rasa dawet ini tak pernah keliru.

Nama unik ini merupakan singkatan dari lokasi di mana dawet ini dijual. Tepatnya di sebelah timur ‘Jembut’ Jembatan Butuh di ‘Kecabut’ Kecamatan Butuh.

Dawet Jembut Kecabut sudah ada sejak 1950-an. pertama kali dirintis oleh Mbah Ahmad Dansri. Ia membuat minuman unik tersebut untuk dikonsumsi para petani ketika musim panen. Mba Ahmad berkeliling dari sawah ke sawah untuk menjajakan minuman buatannya itu.

Bercocok Tanam Sambil Ngopi di Kampung Konservasi Rimbun

Satuviral

Pakai Bahan Alami Tanpa Pengawet

Bahan dasar pembuatnya diambil dari bahan alami, tanpa pewarna, dan diproses secara manual. Warna dawetnya pun unik. Bukan hijau atau abu-abu, melainkan hitam.

Warna hitam itu bukan berasal dari pewarna buatan, melainkan dari jerami padi yang sudah dibakar dan dihaluskan abunya. Dawet ireng disajikan dengan pemanis yang terbuat dari gula kelapa atau gula merah. Agar lebih segar, dawet biasa tambahan santan kelapa serta es batu.

Saat ini Dawet hitam khas Purworejo tersebut dilanjutkan oleh Wagiman dan istrinya Hartati (35). Lokasi percis warung Dawet Ireng berada di tepi jalan Purworejo – Kebumen, Desa Butuh, Kecamatan Butuh. Tepatnya di sebelah timur jembatan Butuh.

Lokasi Wisata Kuliner Enak di Bandung, Nyesel Kalau Ga Mampir

Satuviral

Harga satu mangkok es Dawet Jembut Kejabut hanya Rp. 5000,’. Jika ingin semakin segar dan nikmat, kita bisa menambahkan tape ketan dengan harga Rp. 1000. Nama yang unik dan harga yang murah membuat banyak orang penasaran untuk mencicipi dawet legendaris ini.

Setiap hari, ratusan porsi dawet selalu ludes diserbu pembeli. Pelanggan Wagiman sangat beragam, baik pelajar, pegawai kantoran, pejabat hingga artis ibu kota. Banyak pula pelanggan dari luar kota yang datang jauh-jauh hanya untuk menyeruput kesegaran es tersebut.

Jika masih kurang puas, pelanggan bisa membungkus dawet itu untuk dibawa pulang. Dawet ini tahan dua hari di suhu normal (diluar kulkas). Namun jika dimasukkan dalam kulkas bisa bertahan hingga 5 hari.

Tertarik untuk mencoba Sobat Viral?

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,701FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
991FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -