Saturday, February 24, 2024
HomeTrending ViralSiaga Level 3! Anak Gunung Krakatau Naik Status

Viral: Siaga Level 3! Anak Gunung Krakatau Naik Status

Gunung Anak Krakatau kembali meletus pada Minggu (24/4) malam. Status pegunungan di Perairan Sunda itu ditingkatkan dari Siaga atau Kelas II menjadi Siaga atau Kelas III pada pukul 18.00 WIB.

Statement Kepala Geologi Kementerian Enegeri dan Sumber daya Mineral

Berita Viral Satu Viral – SATUVIRAL

Viral! Tri suaka Olok Babang Tamvan Berakhir Hujatan

SatuViral

“Hasil pemantauan visual dan instrumental menunjukkan adanya kenaikan aktivitas yang semakin signifikan dan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau dinaikkan dari waspada (Level II) menjadi siaga (Level III),” kata Kepala Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Eko Budi Lelono dalam keterangan resminya, Minggu (24/4).

Menurut penjelasannya, aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau saat ini masih dalam periode erupsi terus menerus, dengan perubahan semula dominan abu menjadi tipe strombolian yang menghasilkan lontaran-lontaran lava pijar pada 17 April 2022.

“Teramati Letusan dengan tinggi kolom 50 – 2000 meter dari atas puncak. Kolom abu letusan berwarna putih, kelabu hingga kehitaman dengan dominan arah angin ke Tenggara dan Selatan,” jelasnya.

“Hasil estimasi energi seismik saat ini teramati meningkat tajam bersamaan dengan membesarnya amplitudo tremor menerus dan semakin intensnya kejadian erupsi yang menerus,” jelasnya.

Himbauan Kepada Masyarakat Sekitar

Berita Viral Satu Viral – SATUVIRAL

Perancis Akan Melarang Hijab Jika Dia Terpilih

SatuViral
- Advertisement -

Dia juga meminta kepada masyarakat, khususnya di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung untuk tetap tenang, serta dapat melakukan kegiatan seperti biasa dengan senantiasa mengikuti arahan BPBD setempat.

“Jangan mempercayai isu-isu miring mengenai erupsi Gunung Krakatau yang akan menyebabkan tsunami,” tegasnya.

Sementara itu, dari laman Kementerian ESDM, status Siaga Level III untuk gunung berapi berarti ada peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi.

Ancaman bahaya erupsi bisa meluas tapi tidak mengancam pemukiman penduduk.

Dari laman Kementerian ESDM, status Siaga Level III untuk gunung berapi berarti ada peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi. Ancaman bahaya erupsi bisa meluas tapi tidak mengancam pemukiman penduduk.

Baca terus dan Support SatuViral menjadi media Berita Viral Hari Ini yang memberikan info viral terkini dan gosip viral untuk kamu. Satu Berita Sejuta Viral!

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -