Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralSiap-Siap! Bikin SIM dan STNK Wajib Punya BPJS Kesehatan

Siap-Siap! Bikin SIM dan STNK Wajib Punya BPJS Kesehatan

Belum Akan diterapkan Dalam Waktu Dekat

Berita Terkini; Sobat Viral yang belum punya atau menunggak BPJS Kesehatan siap-siap dilunasi ya. Kedepan pengurusan STNK dan SIm bakal mewajibkan kamu terdaftar dalam BPJS kesehatan. JIka BPJS mu mati atau belum punya,siap-siap saja urusannya jadi ribet.

Berita Terkini; Sobat Viral yang belum punya atau menunggak BPJS Kesehatan siap-siap dilunasi ya. Kedepan pengurusan STNK dan SIm bakal mewajibkan kamu terdaftar dalam BPJS kesehatan. JIka BPJS mu mati atau belum punya,siap-siap saja urusannya jadi ribet.

Kasubdit STNK Korps Lalu-lintas Polri, Komisaris Besar Taslim Chairuddin mengatakan penerapan BPJS Kesehatan untuk perpanjang STNK akan dilakukan bertahap. Hal itu sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bahwa instruksi presiden sudah diskusikan di internal. Program pemerintah kami dukung penuh. Akan tetapi agar tidak kontra produktif pelaksanaannya harus bertahap,” ujar Kombes Taslim melalui keterangan pers yang ditulis Satu Viral di Jakarta, Senin (05/09/2022).

Langkah pertama, jelas Taslim adalah mengubah regulasi terutama Perpol nomor 7 tahun 2021 tentang regident ranmor. Perubahan itu menambah persyaratan layanan regident kendaraan bermotor dengan kartu peserta aktif BPJS.

Besok Buruh Seluruh Indonesia Gelar Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Satuviral

Lalu setelah regulasi siap, khusus terkait layanan STNK, Polri lebih dahulu berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait impelementasi, untuk menghindari masalah di kemudian hari.

“Ketika layanan STNK kami tolak karena belum punya BPJS, bisa membuat masyarakat terlambat pembayaran pajak. Lalu akan keluar denda pajak. Nah bisa bergejolak nanti. Ini yang mau kita pikirkan dulu solusinya,” ungkap dia.

Ia melanjutkan Instruksi soal BPJS Kesehatan tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Aturan ini berlaku mulai 6 Januari 2022.

Aturan ini bakal diterapkan di 30 kementerian dan lembaga, termasuk Polri. Presidenpun, lanjutnya meminta Polri menyempurnakan regulasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemohon SIM dan STNK adalah peserta aktif BPJS Kesehatan.

“Inpres itu meminta Kapolri menyempurnakan regulasi agar pemohon SIM, STNK dan SKCK menyertakan kartu BPJS Kesehatan.

Salah satu solusi yang dihadirkan Korlantas Polri  bakal menghadirkan layanan BPJS Kesehatan di Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) di seluruh Indonesia. Saat ini, percontohan sudah dilakukan di Satpas Polres Purwakarta.

Jepang Buka Lowker Khusus Bayi, Tugasnya Hibur Lansia

Satuviral

Pemerintah Imbau Warga Lunasi Tunggakan BPJS Kesehatan

Sementara itu, pemerintah telah mengimbau agar masyarakat yang masih menunggak iuran JKN BPJS Kesehatan untuk segera melunasi. Jika tidak, maka terancam tidak bisa mengurus dokumen layanan publik.

Staf Khusus Menteri ATR/Kepala BPN Teuku Taufiqulhadi mengatakan, saat ini masih banyak peserta yang belum melunasi iurannya. Oleh karenanya ia meminta masyarakat untuk bisa melunasi iuran yang selama ini dibayarkan.

“Sebagai warga negara ada hak dan kewajiban. Jadi kalau mau menuntut hak ke negara maka harus penuhi kewajiban-kewajibannya,” tegasnya.

Sobat Viral yang berstatus karyawan bisa tanyakan pada HRD pembayaran JKN BPJS Kesehatan. Bisa juga mendownload aplikasi JKN di google store untuk mengecheck status kepersertaan serta melunasi tunggakan.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement