Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralSiap-siap, Hujan Meteor Perseid Melintas 14 Agustus

Siap-siap, Hujan Meteor Perseid Melintas 14 Agustus

Melintas hingga 1 September

Info Viral; Sobat Viral siap-siap menyaksikan fenomena alam keren di angkasa. Fenomena langit berupa hujan meteor Perseid bakal muncul mulai 14 Agustus hingga 1 September 2022.

Puncak hujan meteor ini menurut LAPAN akan terjadi pada 13 sampai 14 Agustus 2022. Kabar baiknya, kamu bisa menyaksikan dengan mata telanjang. Asalkan cuaca langit sedang cerah.

Perseid adalah salah satu hujan meteor yang memiliki intensitas tinggi. Menurut NASA intensitas maksimum Perseid bisa mencapai 100 meteor per jam dengan kecepatan 37 mil (59 km) per detik. Meski begitu, intensitas maksimum hujan meteor Perseid ternyata bisa berbeda-beda.

Uniknya hujan meteor Perseid juga terkenal karena kerap dibarengi kemunculan bola api (fireball). Antariksa Lapan mengatakan, hujan meteor Perseid biasanya akan terjadi setiap tahun di bulan Agustus.

Akhir Juli Ada Hujan Meteor, Begini Cara Asyik Menontonnya

Satuviral

Pasalnya diwaktu ini Bumi sedang melintasi jalur orbit komet Swift-Tuttle. Komet tersebut merupakan badan induk dari meteor Perseid. Dilansir dari laman EarthSky, komet Swift-Tuttle yang pertama kali diamati pada 1862. Komet ini mengorbit matahari setiap 133 tahun.

Para ahli memperkirakan komet Swift-Tuttle akan mengorbit kembali pada 2126. Es dan batuan komet yang tertinggal di jalur orbit komet Swift-Tuttle akan ditarik oleh gaya gravitasi bumi. Material-material itulah yang kemudian akan bergesekan dengan atmosfer bumi.

Puncak hujan meteor Persaid akan terjadi ketika bumi melewati bagian dengan puing terbanyak dalam jalur orbit komet Swift-Tuttle. Akibat gesekan itu, serpihan komet terbakar dan bercahaya layaknya bintang jatuh.

Fenomena ini disebut hujan meteor karena jatuh dan melintasi langit bumi dalam jumlah yang banyak sehingga tampak seperti hujan. Adapun titik kemunculan hujan meteor Perseid terletak di konstelasi Perseus. Sehingga begitulah meteor Perseid mendapatkan namanya.

Gawat! Bumi Berputar Lebih Cepat, Ini Efeknya

Satuviral

Waktu dan Cara Terbaik Menonton Hujan Perseid

Waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah pada 13 Agustus 2022, pukul 02.00 WIB. Cobalah kamu mencari lokasi di dataran tinggi atau lokasi agak tinggi yang tidak terhalang gedung atau bangunan.

Andi Pangerang, Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN mengatakan hujan meteor dapat disaksikan mulai pukul 23.00 hingga 02.00.

“Hujan meteor Perseid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, pada pukul 11 malam di Sabang (atau yang selintang). Juga jam 1 malam di Pulau Rote (atau yang selintang). Hingga 25 menit sebelum Matahari terbit,” ujar Andi di akun Instagram LAPAN, Selasa (9/8).

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement