Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralSiap- Siap! Liburan Pekerja Kini 1 Hari Seminggu

Viral: Siap- Siap! Liburan Pekerja Kini 1 Hari Seminggu

Tercantum di Perppu Cipta Kerja

Info Viral: Sobat Viral yang berstatus pekerja, siap-siap mendapatkan jatah libur hanya sehari dalam seminggu. Pemerintah telah menerapkan aturan ini dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja.

Pasal 79 ayat 2 mengatakan Istirahat mingguan 1 (satu) hari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.

Viral: Tren Investasi 2023 Buat Gaji UMR Dijamin Cuan

satuviral

Sementara itu, istirahat antar jam kerja, paling sedikit setengah jam dan paling banyak satu jam setelah bekerja selama 4 jam terus-menerus. Waktu istirahat tersebut tidak termasuk dalam jam kerja.

Dengan kata lain, Perppu Cipta Kerja menghapus hak libur dua hari seminggu para pekerja. Namun di pasal lain, Perppu ini masih memperbolehkan adanya jatah libur dua hari seminggu dengan ketentuan tertentu.

Perppu Ciptaker- Satu Viral – SATUVIRAL
Perppu Ciptaker-

Dalam pasal 77 disebutkan waktu kerja yakni 7 jam atau 8 jam sehari memungkinkan pekerja mendapat waktu libur selama dua hari dalam seminggu,

“Atau (b) delapan jam satu hari dan 40 jam satu minggu untuk 5 hari kerja dalam satu minggu,” bunyi Pasal 77 ayat (2).

Sementara untuk urusan cuti tahunan, pekerja bisa mendapatkan cuti selama 12 kali setelah bekerja selama 12 bulan. Perppu Cipta Kerja ini ditandatangani dan disahkan Presiden Jokowi pada pada 30 Desember 2022.

Sebagai informasi, perppu ini menggantikan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh MK.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara usai terbitnya (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Jokowi menegaskan Perppu ini dikeluarkan mendesak sebagai antisipasi atas ancaman ketidakpastian global.

Viral: Gempa Bumi Magnitudo 5,6 Guncang Jayapura, Barang Jatuh, Air Tumpah dan Atap Rusak

satuviral

Ancaman itu berupa Krisis ekonomi, pandemi Covid serta perang antar negara.

“Ancaman risiko ketidakpastian yang menyebabkan kita mengeluarkan perpu karena itu untuk memberikan kepastian hukum kekosongan hukum dalam persepsi investor dalam maupun luar sebenarnya itu yang penting,” pungkasnya.

Presiden Jokowi Buka Suara Soal Perppu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara usai terbitnya (Perpu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Jokowi menegaskan Perppu ini dikeluarkan mendesak sebagai antisipasi atas  ancaman ketidakpastian global. 

Jokowi Sahkan Perppu Ciptaker- Satu Viral – SATUVIRAL
jokowi

Ancaman itu berupa Krisis ekonomi, pandemi Covid serta perang antar negara.

“Ancaman risiko ketidakpastian yang menyebabkan kita mengeluarkan perpu karena itu untuk memberikan kepastian hukum kekosongan hukum dalam persepsi investor dalam maupun luar sebenarnya itu yang penting,” pungkasnya.

Perppu Cipta Kerja ini mendapat banyak kritik keras dari warganet. Mereka menilai kebanyakan kerja bakal menganggu hidup dan membuat diri makin tambah tua. Ada juga yang mengkitik Perppu itu hanya menguntungkan pengusaha saja dan merugikan pekerja.

“2 hari aja udah jompo, apalagi cm sehari ,” ujar resiahlim

“Nasional Mental Health level: drop 52%,” ujar williamsudhana

“Kerja udah disemena menain terus hak hak pekerja juga mau dihilangkan. Hebat banget Indonesia.

“Mantap! Saya setuju sekali. Lebih bagus lagi ga usah ada libur. Biar lahan apartemen yg ga laku bisa jadi kuburan warga,” adreyc.sect.

Baca terus Satu Viral biar kamu ga kudet dan tetep update informasi berita viral, gosip viral, artis viral indonesia dan berita terkini.

Popular Categories

Ads on Satuviral