Friday, February 23, 2024
HomeFashionSolusi Fashion Berkelanjutan dengan Serat Rayon

Viral: Solusi Fashion Berkelanjutan dengan Serat Rayon

Fashion Berkelanjutan di Indonesia

Info Viral: Tren sustainability menjadi isu penting dalam bisnis, terlebih dengan kondisi Bumi yang mengalami krisis iklim. Salah satu aspek keberlanjutan yang jadi sorotan adalah fashion.

Fashion sustainability atau mode berkelanjutan sangat erat kaitannya dengan tren fast fashion, dimana industri tekstil memproduksi secara massal berbagai jenis pakaian, diimbangi dengan tingkat konsumsi fashion masyarakat yang tinggi. Hal ini menyebabkan limbah tekstil.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Intip Kerennya Harajuku Style di Citayam Fashion Show

Satuviral

Serat Rayon Ramah Lingkungan

Asia Pacific Rayon juga memamerkan bahan serat rayon yang digunakan dalam fashion. Bahannya terbuat dari selulosa kayu dengan tekstur yang menyerupai kapas sebelum diubah menjadi benang.

Bahan baku yang digunakan dalam industri tekstil umumnya menggunakan nilon atau poliester. Kedua bahan tersebut pada dasarnya terbuat dari plastik yang berasal dari minyak bumi.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Gaya Anggun nan Seksi Ariel Tatum di Paris Fashion Week

Satuviral

Tentu saja ini mencemari planet ini. The Guardian melaporkan bahwa pakaian dapat mencemari lautan dengan melepaskan serat mikro saat dicuci. Tidak hanya itu, dampaknya juga berdampak pada biota laut yang juga dikonsumsi oleh manusia.

- Advertisement -

Serat pakaian yang biasa digunakan dalam industri tekstil umumnya bersifat non-biodegradable berbeda dengan viscose rayon. Viscose rayon dianggap biodegradable karena berasal dari serat kayu.

Serat kayu yang digunakan berasal dari olahan pohon akasia dan kayu putih. Selain itu, serat kayu berasal dari hutan yang dikelola secara lestari dan dipanen dalam waktu lima tahun sejak penanaman dan penebangan selanjutnya. Proses dekomposisi berlangsung dengan penguburan selama tiga sampai empat minggu.

Tektur Serat Rayon

Bahan serat rayon juga ditampilkan dalam pameran, sehingga pengunjung dapat merasakan teksturnya sebelum diolah menjadi pakaian. Serat rayon digunakan oleh perancang busana dalam berbagai gaya, mulai dari batik kontemporer hingga konsep minimalis modern hingga utilitarianisme.

“Sustainable fashion saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi ekosistem fashion dunia,” kata Head of Marketing Communications, Asia Pacific Rayon (APR), dalam keterangan pers yang diterima.

Karena itu, Zoe menambahkan, ia berharap dukungan Asia Pacific Rayon dan kolaborasi yang diinisiasi melalui Jakarta Fashion Center juga memberikan kontribusi positif. Dengan kontribusi yang positif, dapat mendorong industri fashion yang berkelanjutan di Indonesia.

Sebelumnya, Asia Pacific Rayon merupakan produsen viscose rayon pertama di Asia dari perkebunan industri terbarukan. Dengan pabriknya di Pangkalan Kerinci, Riau berkomitmen menjadi produsen viscose rayon dengan prinsip keberlanjutan, transparansi dan efisiensi operasional.

Berita ekslusif setiap hari, bisa kamu dapat dengan mudah di Satu Viral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -