Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralSPBU Banyak Dijual Online, Ada Apa?

Viral: SPBU Banyak Dijual Online, Ada Apa?

Mendadak Ramai di Marketplace

Info Viral: Peningkatan penjualan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) merupakan fenomena awal tahun 2023. Jumlah SPBU yang dijual mudah ditemukan di banyak platform online.

Pada Rabu (4/1/2023), sebuah SPBU di Tanjung Priok, Jakarta Utara, dijual di platform OLX seharga 35 miliar rupiah. SPBU seluas 2040m2 itu baru saja diiklankan.

Di platform yang sama, SPBU di Duren Sawit, Jakarta Timur tercatat Rp 30 miliar.

SPBU seluas 2.600 meter persegi, dan gedung perkantoran seluas 50 meter persegi. Iklan pom bensin ini diposting 5 hari yang lalu.

Viral! SPBU di Buton Utara Diduga Jual Pertalite Berkedok Pertamax

Satuviral

Harga Setiap Tempat Variatif

Lalu ada SPBU di Menteng, Jakarta Pusat, yang menelan biaya 120 miliar Rupiah dan SPBU di Daan Mogot, Jakarta Barat, yang menelan biaya 70 miliar Rupiah.

Banyak juga SPBU yang diiklankan untuk dijual di platform Lamudi. Meskipun, sebagian besar tidak menampilkan informasi kapan iklan tersebut diunggah.

SPBU yang dijual di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara seharga 60 miliar Rupiah, SPBU Cengkareng di Jakarta Barat 15 miliar Rupiah, SPBU TB Simatupang di Jakarta Selatan, 120 miliar Rupiah, dan SPBU lainnya.

SPBU dijual online - Satuviral – SATUVIRAL

DPD III Juan Tarigan, Presiden Himpunan Pengusaha Minyak dan Gas Nasional (Hiswana Migas), angkat bicara soal fenomena ini.

Diakuinya, bisnis SPBU sudah tidak menarik lagi jika dibandingkan dengan keuntungan dan beban, terutama terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Memang tidak menarik dibandingkan dengan keuntungan dan kewajiban yang harus ditanggung pengusaha (khususnya PBB),” ujarnya.

Ia mengatakan, hal tersebut sudah disampaikan oleh pemerintah daerah (Pemda) organisasi tersebut. Dia ingin perlakuan khusus di pom bensin ini.

“Makanya sebagai organisasi, kami sudah komunikasikan ke pemerintah daerah bahwa memang ada perlakuan khusus dalam penerapan PBB ini, karena kami bisa memprediksi akan ada pengurangan setiap tahunnya,” terangnya.

Harga Tergantung dari Optimalisasi Lahan

Itu akan menjadi beban bagi sebagian pengusaha karena margin keuntungan yang telah diukur sebelumnya, katanya. “Mereka lebih ke konversi, mungkin ke bisnis lain yang mungkin lebih menarik,” ujarnya.

Turun Harga, Ini Perbandingan Harga BBM di SPBU Shell, Pertamina dan Vivo

Satuviral

Sementara itu, Monica Koesnovagril, Director of Consultancy Services Colliers International Indonesia, menilai hal itu terjadi karena pertimbangan optimalisasi lahan. Apalagi jika SPBU tersebut berada di pusat kota.

“Kalau kita lihat di banyak SPBU yang terpusat, tanah sudah mahal.”

“Kalau kita bicara di Jakarta faktor lantai bangunan (KLB) sudah meningkat, secara konseptual optimalisasi lahan akan lebih optimal membangun tingkat konstruksi yang lebih tinggi.”

KLB adalah batasan jumlah lantai atau tinggi bangunan yang dapat dibangun yang ditetapkan oleh pemerintah.

Menurutnya, sangat disayangkan jika lahan dengan tingkat wabah tinggi dan harga yang bagus itu hanya dijadikan SPBU. “Banyak yang harus dipertimbangkan. Tapi kalau tanahnya mahal dan KLB-nya tinggi, sayang kalau hanya dipakai untuk SPBU,” ujarnya.

Selalu ketinggalan berita-berita yang lagi update? Makanya baca Satu Viral! Mau info viral, berita viral, gosip viral, hingga artis viral semuanya ada lengkap!

Popular Categories

Ads on Satuviral