Friday, February 23, 2024
HomeTrending ViralSpyware Pegasus Israel, Alat Sadap Pembungkam Suara Rakyat Indonesia

Viral: Spyware Pegasus Israel, Alat Sadap Pembungkam Suara Rakyat Indonesia

Alat Sadap Spyware Pegasus Israel

Info Viral: Indonesia kini dihebohkan soal alat mata-mata Israel. Spyware Pegasus besutan NSO Group dikabarkan telah digunakan untuk menguping dan meretas ponsel warga negara Indonesia.

Laporan Indonesia Leaks yang diterbitkan oleh berbagai media menyebutkan bahwa keberadaan Pegasus dapat dibuktikan dengan masuknya peralatan yang relevan di Indonesia.

Pegasus masuk melalui Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2020 melalui dua fasilitas milik Q Cyber ​​Technology Sarl.

Indonesia Leaks, mengutip sumber bea cukai, membenarkan hal itu dan alat berkode UKHI 1212635 itu tiba pada 1 Desember 2020.

Alat Sadap Spyware Pegasus Israel - Satuviral – SATUVIRAL

Sebetulnya, apa itu Pegasus dan seberapa canggih?

Pegasus sendiri merupakan spyware yang diproduksi oleh sebuah perusahaan dari Israel NSO Group. The Economic Times menyebut Pegasus sebagai spyware terkuat yang pernah dibuat, mampu menyusup ke ponsel Android dan iOS.

- Advertisement -

Spyware adalah program yang dirancang untuk menembus pertahanan keamanan HP melalui ‘pintu belakang’. Ponsel yang terinfeksi spyware dapat mengirimkan informasi tentang aktivitas pemilik HP ke pihak ketiga.

Pegasus mampu menjelajahi bug yang belum ditemukan di sistem operasi terkait. Jadi meskipun menerapkan tambalan keamanan, keamanan ponsel masih dapat disusupi.

Keberadaan Pegasus pertama kali dilaporkan oleh 2016 oleh The Citizen Lab, organisasi keamanan siber asal Kanada.

Spyware berhasil masuk ke perangkat seorang aktivis hak asasi manusia bernama Ahmed Mansoor. Pada September 2018, kelompok yang sama melaporkan infeksi Pegasus di 25 negara.

Spyware Menggunakan Teknik Spear-phishing

Infeksi tersebut dilaporkan menggunakan teknik spear-phishing melalui pesan teks atau email dengan tautan berbahaya. Pada 2019, Pegasus dilaporkan menyusup ke WhatsApp dan mampu menghapus riwayat panggilan tak terjawab.

Pada tahun yang sama, WhatsApp mengumumkan bahwa Pegasus berhasil mengeksploitasi kerentanan di aplikasi. Dalam kejadian itu, 1.400 ponsel Android dan iOS menjadi korban.

iMessage juga merupakan aplikasi yang berhasil diselesaikan oleh Pegasus. Yaitu dengan memasangnya melalui pemancar dan penerima radio di dekat korban.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -