Saturday, February 24, 2024
HomeHealthStudi Temukan Tidur Siang Memperlambat Penyusutan Otak

Viral: Studi Temukan Tidur Siang Memperlambat Penyusutan Otak

Tidur Siang Memperlambat Penyusutan Otak

Info Viral: Tidur siang dapat membuat kamu merasa segar dan siap menghadapi dunia. Sebuah studi baru menunjukkan bahwa tidur siang bisa sangat bermanfaat bagi otak.

Tidur siang dapat memperlambat laju penyusutan otak seiring bertambahnya usia, menurut sebuah penelitian yang menganalisis data dari orang berusia 40 hingga 69 tahun.

Perbedaan volume otak rata-rata antara orang yang terbiasa tidur siang dan tidak tidur siang setara dengan 2,6 hingga 6,5 ​​tahun penuaan.

“Temuan kami menunjukkan bahwa, bagi sebagian orang, tidur siang singkat mungkin bermanfaat dalam menjaga kesehatan otak,” ujar penulis senior Dr Victoria Garfield, dari Unit MRC untuk Kesehatan & Penuaan Seumur Hidup di UCL.

Tidur Siang Memperlambat Penyusutan Otak - Satuviral – SATUVIRAL

- Advertisement -

Studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Sleep Health ini bertujuan untuk mengeksplorasi apakah ada hubungan kausal antara tidur siang dan kesehatan otak.

Para peneliti melihat 97 bentangan DNA untuk menentukan seberapa besar kemungkinan orang untuk tidur.

Menggunakan data dari 378.932 orang dalam studi Biobank Inggris, mereka membandingkan ukuran kesehatan otak dan kognisi pada orang yang diprogram secara genetik untuk tidur siang dengan mereka yang tidak mengalami perubahan DNA.

Mereka menemukan bahwa, secara keseluruhan, mereka yang menjadwalkan tidur siang memiliki total volume otak yang lebih besar.

Varian genetik, perubahan DNA yang memengaruhi kemungkinan seseorang untuk tidur siang diidentifikasi dalam studi sebelumnya yang mengamati data dari 452.633 peserta Biobank Inggris.

Namun para peneliti tidak menemukan perbedaan kinerja pada tiga ukuran kesehatan otak dan fungsi kognitif lainnya di antara mereka yang berencana untuk tidur siang.

Penulis utama Valentina Paz, seorang mahasiswa doktoral di MRC Lifelong Health and Aging Unit di Universidad Repubblica dan University College London, mengatakan ini adalah studi pertama yang mencoba mengurai hubungan antara kebiasaan tidur siang dan kognisi serta struktur otak.
“Studi kami menunjukkan hubungan sebab akibat antara kebiasaan tidur siang dan volume total otak yang lebih besar,” tambahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -