Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralSuper Mewah, Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth Habiskan Rp 136 Miliar

Super Mewah, Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth Habiskan Rp 136 Miliar

Pemakaman Pemimpin Termewah dan Terbesar

Berita Terkini; Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II berlangsung meriah. Puluhan ribu orang memenuhi Westminster dan Kota London untuk menyaksikan prosesi pemakaman penguasa Inggris terlama ini. Prosesi pemakaman Ratu paling mewah dibandingkan sebelumnya. Bahkan ditafsirkan menghabiskan biaya 8 juta poundsterling atau sekitar Rp 136 miliar.

Dikutip dari Lembaga independen pencari fakta Fullfact, belum ada informasi yang kredibel mengenai angka pasti biaya pemakaman sang ratu. Tak satupun dari estimasi di atas didasarkan pada perhitungan yang menyeluruh dan andal.

“Namun kami melihat bukti yang baik mengenai prosesi pemakaman akbar pada waktu lalu. Biayanya mencapai 8 juta poundsterling,” tulis Fullfact dari situs resminya oleh Satu viral, Selasa (20/09/2022) di Jakarta.

Perubahan Besar Usai Elizabeth Meninggal, Pengganti Ratu Hingga Perubahan Lagu Kebangsaan

Satuviral

Nilai fantastis ini sebanding dengan prosesi penghormatan terakhir dan pemakaman sang Ratu yang sangat gempita. Fullfact menilai prosesi pemakaman Ratu Elizabeth 2 lebih besar dan mewah dibandingkan raja dan ratu sebelumnya.

Jumlah ini belum menghitung kerugian atau potensi pendapatan yang seharusnya didapatkan masyarakat selama 10 hari masa berkabung. Pasalnya selama masa berkabung kegiatan resmi serta sejumlah destinasi wisata dan toko libur sementara.

Ratusan Ribu Orang Hadiri Prosesi Perarakan Peti Jenazah

Dilansir dari The Guardian, prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II berlangsung pada Senin (19/09/2022). Prosesi ini dimulai dengan seremoni membawa jenazah Ratu Elizabeth II dari Westminster Hall menuju Westminster Abbey. Sebanyak 12 tentara dari unit dipilih untuk membawa peti mendiang Ratu Inggris.

Raja Charles III dan ketiga saudaranya berjalan di belakang peti jenazah yang dibawa menggunakan kereta meriam. Selain itu ada pula Pangeran William dan Pangeran Harry, kedua anak Raja Charles III. Ribuan anggota angkatan bersenjata yang mengenakan pakaian seremonial turut berjalan mengikuti iringan musik pemakaman dari marching band.

Ratu Elizabeth II Meninggal, Rakyat Dunia Berduka

Satuviral

Usai tiba di Kastil Windsor dilakukan prosesi committal service yakni peribadatan terakhir yang berlangsung di Kapel St. George. Committal service dimulai pukul 16.00 waktu setempat. Sejumlah prosesi Doa dipanjatkan oleh Rektor Sandringham, Menteri Crathie Kirk, dan Pendeta Royal Chapel of All Saints di Windsor Great Park.

Saat committal service hampir berakhir, peti mati Ratu Elizabeth II diturunkan ke Royal Vault yang terletak di bawah St. George. Momen ini saat Dean Windsor membacakan Mazmur 103. Jenazah sang ratu dimakamkan satu komplek dengan kuburan sang suami Prince Philip.

Ratusan ribu orang berbaris di jalanan sepanjang rute yang membawa mendiang Ratu Elizabeth ke tempat peristirahatan terakhirnya di Kastil Windsor. Ribuan lainnya berdesakan di pusat kota London untuk menyaksikan upacara arak-arakan.

Ratusan pimpinan negara dari berbagai penjuru dunia berkumpul untuk turut hadir di upacara pemakaman Ratu Elizabeth II yang dilaksanakan di Westminster Abbey. Para pemimpin dunia yang hadir memberikan penghormatan terakhir diantaranya Kaisar Jepang Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisurinya Masako.

Tampak pula Presiden Rusia Vladimir Putin. Hadir pula Raja dan Ratu di Eropa antaranya Ratu Denmark Margrethe II, Raja Spanyol Felipe VI bersama istrinya Ratu Letizia dan Mantan Raja Juan Carlos I.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement