Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralTahun Depan Uang Kertas Nggak Laku, Ganti Uang Digital

Viral: Tahun Depan Uang Kertas Nggak Laku, Ganti Uang Digital

Tahun Depan Ganti Uang Digital

Info Viral: Bank Indonesia (BI) mengungkapkan hadirnya rupiah digital diharapkan menjadi solusi berkelanjutan kedaulatan rupiah di tanah air.

Hal ini menimbulkan sejumlah pertanyaan, dengan adanya rupiah digital, bagaimana nasib uang kertas dan uang logam yang beredar saat ini?

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan seperti halnya mata uang, rupiah digital akan melalui proses penerbitan dan pemusnahan.

Perry mengatakan rupiah digital akan diimplementasikan secara bertahap, dimulai dengan Central Bank Digital Currency (CBDC) untuk penerbitan, pemusnahan, dan transfer antar bank.

Viral: Bank Indonesia Godok Uang Rupiah Digital, Ini Bedanya dengan Uang Elektronik dan Crypto

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

“Kemudian berkembang ke operasi mata uang dan model bisnis pasar uang, dan akhirnya integrasi end-to-end rupiah digital grosir dengan ritel digital rupiah,” kata Perry menjelaskan dalam siaran resminya

Dalam Rapat Tahunan BI (PTBI) 2022 yang digelar, otoritas moneter juga secara resmi merilis buku putih perkembangan rupiah. Judul white paper tersebut adalah “Proyek Garuda Menavigasi Arsitektur Digital Rupiah”.

Rupiah Digital Punya Kualitas Lebih Aman

Dalam buku putihnya, BI menyatakan bahwa rupiah digital diharapkan memiliki kualitas yang lebih aman dan efisien dibandingkan mata uang fisik dan giro Bank Indonesia.

“Dengan karakter tersebut digital rupiah akan mampu secara efektif menjadi instrumen inti bagi Bank Indonesia dalam menjalankan mandatnya pada era digital,” BI dalam white papernya.

BI menjelaskan, keberadaan rupiah digital tidak menghilangkan fungsi mata uang sebagai alat pembayaran. Rupiah digital justru akan menambah khazanah alat pembayaran, menjamin masyarakat dapat bertransaksi dalam kondisi apapun.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Viral: ‘Setan’ Bernama Reflasi Sudah Mengancam Indonesia

Satuviral

“Rupiah digital melengkapi mata uang yang biasa digunakan masyarakat, termasuk mata uang fisik,” tulis BI.

Bank sentral mengklaim pengembangan rupiah digital merupakan jawaban BI untuk menyediakan bentuk uang yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal dalam ekosistem digital.

Rupiah digital akan melengkapi mata uang Bank Indonesia (uang kertas dan logam) dan giro pihak ketiga.

“Ketiganya akan berfungsi sebagai aset penyelesaian untuk transaksi bebas risiko. Rupiah digital ditagih langsung ke Bank Indonesia oleh pemegangnya, dan mekanisme penerbitan serta cakupan penggunanya sama seperti hari ini.” tulis BI.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satu Viral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral