Advertisement
Saturday, August 20, 2022
Advertisement

Teleskop James Webb Tangkap Foto- Foto Luar Angkasa Yang Mencengangkan

Foto Dua Nebula dan Satu Kumpulan Galaksi

Info Viral; Sobat Viral pernahkah berfikir bagaimana bentuk alam semesta dan planet-planet di dalamnya? Tak perlu keluar angkasa. Kalian kini bisa melihat bentuk dan isi alam semesta.

Baru-baru ini Badan Antariksa Amerika (NASA) merilis beberapa gambar dan data menakjubkan dari Teleskop Luar Angkasa bernama James Webb. Teleskop terbaru dari Nasa ini memunculkan foto-foto alam semesta yang menakjubkan.

Ada tiga gambar yang berhasil ditangkap teleskop ini. Pertama adalah Nebula Karina. Kedua adalah Nebula Selatan. Terakhir adalah satu kumpulan galaksi bernama Kuintet Stephen. Seluruh gambar ditangkap dengan sinyal infra merah. Detail gambar di dalam foto memukau ilmuwan.

Gambar Memukau Nebula

Nebula adalah kumpulan gumpalan gas bercahaya yang akan menjadi tempat terbentuknya bintang baru. Sementara Carina adalah tempat yang luas, aktif, dan terkandung gas -gas berbahaya bahan pembuat bintang. Nebula Carina merupakan salah satu nebula paling terang dan terbesar di langit.

Ilmuan Ungkap Tanah di Mars Berpotensi Layak dihuni Jangka Panjang

Satuviral

Jaraknya sekitar 7.600 tahun cahaya dari Bumi. Didalamnya terdapat Eta Carinae, bintang super raksasa yang sekarat di ambang ledakan besar. Adapula Trumper 14, salah satu gugusan formasi bintang termuda.

Gambar kedua adalah Nebula Cincin Selatan. Lokasinya lebih dekat ke Bumi dibanding Nebula Carina. Jaraknya hanya 2.000 tahun cahaya. Ini adalah nebula planet, atau awan gas yang mengembang di sekitar bintang yang sekarat.

Setelah meledakkan semua lapisan luarnya, bintang kerdil putih itu sekarat di jantung nebula. Bintang kerdil ini sangat panas dan melepaskan radiasi ultraviolet yang intens. Hal ini menyebabkan gas di sekitarnya menyala.

Galaksi Dempet Quintet

Gambar ketiga adalah Stephan’s Quintet yang merupakan sekelompok lima galaksi yang tampak sangat berdekatan. Quintet ini berjarak sekitar 290 juta tahun cahaya dari Bumi.

Empat dari lima galaksi terkunci dalam semacam tarian kosmik yang suatu hari akan menghasilkan tabrakan kuartet. Tiga dari lima galaksi berbentuk spiral memanjang.

“Ini adalah gambar dan area yang sangat penting untuk dipelajari karena benar-benar menunjukkan jenis interaksi yang mendorong evolusi galaksi,” kata Giovanna Giardino, astronom di Badan Antariksa Eropa.

Teropong ini juga menangkap spektrum atau gelombang energi luar angkasa dari sebuah calon planet (exoplanet) . Exoplanet ini disebut WASP-96 b.

Nasa Rancang Alat Pendeteksi Alien Bawah Air, Ini Penampakannya

Satuviral

WASP-96 b telah menjadi teka-teki dan target utama untuk studi lebih lanjut sejak penemuannya pada 2013. Exoplanet ini memiliki besar setengah ukuran planet Jupiter. Dia memiliki atmosfer unik tak berawan yang sebagian besar terbuat dari natrium.

Teleskop Terbaru Gantikan Hubble

Teleskop Luar Angkasa James Webb ini merupakan alat observatorium ruang luar angkasa yang pertama di dunia. Dikutip dari space.com, teleskop James Webb pertama kali diluncurkan pada 25 Desember 2021 lalu. Ia akan menggantikan teleskop Hubble yang sudah diluncurkan lebih dahulu.

James Webb memiliki cermin utama sekitar 6,5 meter. Cermin ini terbuat dari 18 segmen terpisah dari berilium ultra-ringan. Keunggulan James Webb adalah memiliki fitur yang dapat melemahkan panas dari Matahari lebih dari satu juta kali. Selain itu, ada instrumen teleskop yang mampu merekam sinyal yang sangat redup. Instrumen itu berupa kamera, spektrometer, detektor, dan NIRSpec.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,701FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
991FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -