Saturday, February 24, 2024
HomeKulinerTerkuak, Alasan Pisang Goreng dapat Predikat Dessert Terenak

Viral: Terkuak, Alasan Pisang Goreng dapat Predikat Dessert Terenak

Lezatnya Pisang Goreng Mengalahkan Curos

Info Viral: Pisang goreng dinobatkan sebagai dessert atau hidangan penutup terenak di dunia. Predikat ini diberikan oleh Situs Taste Atlas di website mereka. Pisang goreng mengalahkan Curos, Krafen dan kue ringan lainnya.

Taste Atlas adalah panduan perjalanan pengalaman untuk makanan tradisional yang menyusun resep autentik. Merkea juga mengulasan kritikus makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer.

Viral: Gurihnya Sate Payudara Sapi Legendaris di Bandung

Satuviral
Pisang Goreng- Satu Viral – SATUVIRAL
Pisang Goreng- Satu Viral

Dalam daftar yang disuguhkan, pisang goreng menduduki posisi pertama dalam kategori “Deep-fried Desserts” berdasarkan rating. 

Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia,” kata deskripsinya, dikutip Satu Viral dari situs TasteAtlas, Jumat  (17/2/2023).

Website tersebut menjelaskan bahwa ada berbagai jenis pisang goreng di Indonesia. Hidangan ini berasal dari irisan buah pisang. Kemudian irisan itu lapisi dengan adonan dan goreng hingga berwarna keemasan. 

- Advertisement -

Pisang goreng juga memiliki nama yang berbeda, seperti godoh biu di Bali atau gedhang gorèng di Jawa.

“Manakan ini dijual di warung pinggir jalan dan gerobak dan termasuk dalam kelompok gorengan, jajanan goreng Indonesia. Pisang goreng yang lebih rumit ditaburi gula bubuk dan kayu manis dan ditaburi coklat, selai atau es krim,” kata situs web itu.

Pisang goreng mencetak skor tertinggi pada 4,60. Diikuti oleh Quarkballchen Jerman, Pastelitos Criollos Argentina dan Fouskakia dari Yunani  pada 4,50.

Pisang goreng juga mengalahkan churro, hidangan penutup dari Spanyol. Churos ada di No. 9. Sementara Donat dari Amerika Serikat, di No. 18. 

Sejarah Pisang Goreng

Bagi orang Indonesia, pisang goreng merupakan makanan ringan favorit yang mudah ditemukan dan dibuat. Juga jajanan sehari-hari yang umum ditemui di seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Mereka secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak dan merupakan bagian dari hidangan gorengan – makanan ringan goreng Indonesia. Pisang goreng yang lebih rumit ditaburi gula bubuk dan kayu manis, ditaburi coklat, atau disajikan dengan selai atau es krim.

Viral: Resep Rahasia Ayam Goreng KFC Bocor, Ini Bumbu Rahasianya

Satuviral
Pisang Goreng- Satu Viral – SATUVIRAL
Pisang Goreng- Satu Viral

Sejarawan makanan  dari Bandung, Fadli Rahman mengatakan pisang goreng merupakan makanan khas Portugis. Awalnya pisang goreng dibawa ke Indonesia saat penjajahan Portugis.

“Itu kan kebiasaan orang Eropa. Terutama orang portugis yang biasa mengolah makanannya dengan tepung,” kata Fadly kepada Satu Viral, Jumat (17/2/2023).

Fadly mengatakan, kebiasaan mengolah makanan dengan tepung, termasuk merebus pisang goreng, merupakan kebiasaan Portugis dan biasa dilakukan untuk sarapan. Kata tepung, lanjut Fadli diadopsi dari kosakata bahasa Portugis, trigo. Di Indonesia biasa disebut terigu. 

Pada saat masa penjajarah abad 16, orang Portugis datang ke Indonesia juga membawa kebiasaan makan mereka. Salah satunya Pisang goreng. Makanan garing dan manis ini juga dikenalkan kepada warga pribumi kala itu.

“Mereka itu juga turut dibawa ke Indonesia dan juga Melayu, Selat Malaka,” jelasnya.

Karena itulah, tidak heran jika pisang goreng menjadi makanan yang saat ini banyak ditemukan di Indonesia, termasuk negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -