Wednesday, March 22, 2023
- Advertisement -
HomeDestinationThe Mukaab Dijuluki Netizen Proyek 'Ka'bah Baru' Arab Saudi

Viral: The Mukaab Dijuluki Netizen Proyek ‘Ka’bah Baru’ Arab Saudi

Dijuluki Netizen Proyek ‘Ka’bah Baru’ Arab Saudi

Berita Viral: Banyak netizen mengkritik salah satu proyek ambisius Arab Saudi berbentuk kubus, The Mukaab. Netizen menggambarkan bangunan itu mirip dengan Ka’bah hingga dijuluki ‘Ka’bah Baru’.

Proyek tersebut merupakan bagian dari The New Muraab Development Company dan dipimpin langsung oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MbS). Mengapa The  Mukaab disebut Ka’bah baru Saudi?

Menurut cendekiawan Muhammad Al-Hachimi Al-Hamidi, MbS menginginkan bangunan mirip Ka’bah di Mekkah yang bisa dijadikan “kiblat dunia hiburan”.

The Mukaab Dijuluki Netizen Proyek  – SATUVIRAL'Ka'bah Baru' Arab Saudi - Satuviral

Arab Saudi Akan Kirim Astronot Wanita Pertama ke Luar Angkasa

Satuviral

Al-Hamidi mengklaim bahwa MbS ingin membuat “Ka’bahnya sendiri di Riyadh” untuk tujuan ini.

“Apakah Mohammed bin Salman (MbS) sedang membangun Ka’bahnya sendiri di Riadh? Inilah desain yang ia pilih untuk proyek terbarunya, Ka’bah baru untuk dunia entertainment,” ucapnya seperti dikutip Middle East Monitor, Minggu (19/2).

Al-Hamidi juga menyebut bentuk bangunan The Mukaab terinspirasi dari arsitektur wilayah Najd. Menurutnya, The Mukaab akan menjadi tanda munculnya “tanduk setan”, seperti yang dikatakan Nabi kepada Najd.

“Banyak tindakan bin Salman yang mengingatkan saya pada apa yang dikatakan oleh Rasulullah … tentang Najd: ‘Ada gempa bumi dan perselisihan, dan melalui mereka muncul tanduk setan’,” ujar dia.

Lanjut ke sebelah…

MbS Tampak Ingin Bangun Ka’bahnya Sendiri

Senada, akademisi lainnya, Asas Abu Khalil, juga mengatakan bahwa MbS tampak ingin membangun Ka’bahnya sendiri. Dia lantas mempertanyakan kemungkinan The Mukaab dijadikan ‘sebagai kiblat baru bagi jemaah’.

“Tampaknya Ia sedang membangun Ka’bahnya. Apakah dia akan menetapkannya sebagai kiblat baru bagi jemaah?” ucap Khalil.

Al-Hamidi, yang juga direktur Pelaksana lembaga think-tank risiko dan intelijen global The Interest, menjelaskan bahwa proyek The Mukaab adalah “simbol yang sangat menarik” dari perubahan baru-baru ini yang didorong oleh kerajaan Saudi.

Dijuluki Netizen Proyek  – SATUVIRAL'Ka'bah Baru' Arab Saudi - Satuviral

Arab Saudi Tawarkan Wisata Ski di Gurun Pasir

Satuviral

Berita viral soal ini banyak yang menyebut kerajaan seperti ingin memindahkan identitasnya “dari Ka’bah di Mekkah ke Ka’bah di Riyadh,” dan “dari Ka’bah Islam ke Ka’bah Visi 2030”.

“Ketika bin Salman berdiri di atas Ka’bah suci di Mekkah pada 2019, itu merupakan simbol dari niatnya menaklukkan pengaruh Islam di Arab Saudi. Hari ini dia sudah memulai tantangan simbolis lainnya dalam mengumumkan rencana untuk membangun ‘Ka’bah baru hiburan’,” katanya.

Pengguna media sosial lainnya @ali_noureddine_ mengungkapkan hal serupa. Dia yakin Saudi ingin “mengubur [Ka’bah] sebagai simbol modernitas dan kapitalisme” dengan membangun The Mukaab.

“Para penguasa Arab Saudi membangun bangunan di dekat Ka’bah yang suci dan mengubur [Ka’bah] sebagai simbol modernitas dan kapitalisme,” dikutip Doha News,

Beberapa pengguna lain juga menilai keputusan MbS membangun bangunan berbentuk Ka’bah itu merendahkan nilai dan kehormatan Ka’bah asli.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -