Friday, February 23, 2024
HomeTrending ViralTiga Ritual Umat Katolik saat Peringatan Rabu Abu

Viral: Tiga Ritual Umat Katolik saat Peringatan Rabu Abu

Makna Pengingatan Rabu Abu

Info Viral: Umat Katolik hari ini memperingati hari Rabu Abu atau dikenal juga sebagai Ash Wednesday. Rabu abu adalah hari pertama masa Prapaskah atau mas menyambut hari Paskah. Apa saja kegiatan yang dilakukan umat katolik saat Rabu Abu?

Rabu Abu diperingati tepat pada hari Rabu 40 hari sebelum Paskah. Tahun ini Rabu Abu jatuh pada 22 Februari 2023. Umat Katolik melakukan sejumlah prosesi dan ritual untuk memperingati Rabu Abu. Ini dia 3 kegiatan saat perayaan Rabu Abu.

Viral: Kronologi David Dikeroyok sampai Kritis oleh Pelaku Bermobil Rubicon

Satuviral

Mengoleskan Abu di Dahi

Dilansir situs Catholig.org, Rabu Abu selalu identik dengan mengoleskan abu tanda salib di dahi kepala umat Katolik. Pengolesan Abu dilakukan di dalam misa oleh pastor atau prodiakon.

Peringatan Rabu Abu- Satu Viral – SATUVIRAL
Peringatan Rabu Abu- Satu Viral

Abu melambangkan debu yang merupakan asal mula manusia tercipta. Dalam kitab suci dijelaskan pada awalnya Tuhan menciptakan manusia dengan debu dan tanah. Maka dari itu manusia ketika mati akan kembali menjadi debu dan tanah.

Abu yang dipakai adalah abu yang berasal dari daun Palma yang sudah diberkati dan dibakar pada perayaan Minggu Palma. Pengolesan abu di dahi menandai masuknya masa prapaskah yakni masa berkabung atau kesedihan.

- Advertisement -

Selama masa Prapaskah, umat Katolik diajak untuk merenungkan dosa-dosa yang telah diperbuat. Dengan tujuan untuk memperbaiki diri dan bertobat.

Maka saat pastor mengoleskan debu di dahi umatnya dia akan mengatakan ,”Ingatlah bahwa kamu adalah debu, dan kamu akan kembali menjadi debu. Bertobatlah dan percayalah pada Injil.”

Berpuasa

Melansir dari imankatolik.or.id, selama masa prapaskah, umat Katolik diwajinkan berpantang dan berpuasa. Masa pantang dan puasa dimulai pada Rabu Abu, 22 Februari sampai Jumat 7 April 2023.

Pantang dan puasa menjadi salah satu bentuk pertobatan dan mati raga umat Katolik. Hal ini sesuai dengan Kitab Hukum Kanonik (KHK) 1249.

Viral: Geger! Bola Misterius di Jepang Muncul di Pantai

Satuviral
pantang dan puasa Rabu Abu- Satu viral – SATUVIRAL
pantang dan puasa Rabu Abu- Satu viral

Ketentuan puasa wajib hanya jatuh pada hari Rabu Abu (22 Februari) dan Jumat Agung (7 April). Jadi, selama masa Prapaskah, kewajiban puasa hanya dua hari saja.

Umat Katolik yang wajib berpuasa adalah mereka yang berumur antara delapan belas (18) tahun sampai awal enam puluh (60) tahun. Diluar umur tersebut berpuasa sifatnya tidak wajib.

Tata cara puasa orang Katolik adalah makan kenyang satu kali sehari terhitung pada pukul 00.00 hingga 00.00 dihari berikutnya. Namun umat masih diperbolehkan minum selama berpuasa.

Berpantang

Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Ignatius Kardinal Suharyo menjelaskan kegiatan pantang berarti tidak melakukan atau memakan suatu hal selama masa Prapaskah. Pantang dilakukan untuk mengendalikan hawa nafsu dan ego manusia.

Berpantang selama masa Prapaskah wajib bagi semua umat Katolik yang sudah berusia 14 tahun ke atas. Tata cara pantang berarti setiap orang memilih dan menentukan sendiri sesuatu yang dihindari atau dipantang. Sesuatu yang dipantang adalah hal-hal yang paling disukai dan sering dilakukan.

Sesuatu itu bisa berupa makanan misalnya, pantang daging, garam. Juga bisa berupa tindakan misalnya jajan, rokok atau memaki. Selama masa Prapaskah, umat Katolik juga diajak berperilaku baik dan mencerminkan rasa syukur.

Semua umat Katolik wajib berpantang pada hari Rabu Abu, Jumat Agung dan seluruh hari Jumat selama masa Prapaskah. Diluar hari tersebut bersifat bebas.

Selain itu masa Prapaskah juga digunakan sebagai masa untuk saling bersedekah dan saling berbuat baik misalnya melakukan bakti sosial atau kegiatan merawat lingkungan. Gereja Katolik akan membagikan kotak sedekah kepada seluruh umatnya untuk tempat menabung.

Selamat menjalani pantang dan puasa ya sobat viral yang beragama katolik. Kalau kamu pantang apa nih?

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -