Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralTiket Masuk Pulau Komodo Naik Jadi Rp3,75 juta, Pelaku Wisata Mogok Kerja...

Tiket Masuk Pulau Komodo Naik Jadi Rp3,75 juta, Pelaku Wisata Mogok Kerja Sebulan

Turis Terlantar dan Membatalkan Kunjungan

Berita Terkini; Sobat Viral ada yang berencana melihat komodo di Pulau Padar Nusa Tenggara Timur (NTT)? Jika iya, siapkan uang yang banyak. Ini karena Pemerintah NTT telah resmi menetapkan harga tiket masuk ke Taman Nasional Komodo di Pulau Padar menjadi Rp3,75 juta per orang.

Kenaikan harga tiket diberlakukan mulai Senin 01 Agustus 2022. Kenaikan ini sontak membuat pelaku wisata di sekitar pulau tersebut marah. Mereka kompak mogok kerja selama sebulan mulai 01 hingga 31 Agustus 2022.

Pelaku wisata sepakat tidak akan melayani wisatawan dari Bandara , Labuan Bajo ataupun dari jalur manapun menuju pulau Padar Komodo.

Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur (NTT) Abed Frans menyatakan aksi mogok ini sebagai bentuk protes atas kebijakan terbaru. Sebagian besar pelaku wisata yang mogok biasa beroperasi di sekitar Bandara Komodo dan Labuan Bajo.

Patah Hati, Netizen ini Pergoki Pacarnya Selingkuh Lewat Vidio Streaming

satuviral

Akibatnya, lanjut Abed, tak sedikit wisatawan terbengkalai. Sejumlah wisatawan terlantar di Bandara Komodo. Tidak ada satu pun mobil dari agen wisata yang menunggu dan menjemput wisatawan sebagaimana biasanya.

“Hanya ada dua mobil Damri milik Pemkab Manggarai Barat yang hilir mudik menjemput para wisatawan. Kasihan para wisatawan,” kata Abed pada Satu Viral, 2 Agustus 2022.

Adapula sejumlah turis asing yang naik mobil warga yang disulap menjadi angkot dadakan. Abed melanjutkan mogok kerja ini juga membuat sejumlah turis membatalkan kunjungannya ke TN Komodo.

“Banyak terjadi pembatalan kunjungan wisatawan yang hendak dilayani teman-teman pelaku wisata, termasuk grup saya juga,” kata Abed.

Mogok Berlanjut Demo

Selanjutnya pada tanggal 26-31 Agustus 2022, asosiasi pelaku pariwisata akan melakukan aksi demonstrasi secara maraton di Labuan Bajo dan diikuti oleh seluruh pelaku pariwisata dan masyarakat Manggarai Barat.

Detik-detik Roket Tiongkok Terekam Kamera Lewati Langit Lampung

Satuviral

Kisruh tiket masuk TN KOmodo di Pulau Padar bermula sejak pemerintah menetapkan tarif menjadi Rp 3,75 juta dari sebelumnya Rp 200 ribu. Pemerintah beralasan perlu mengambil kebijakan ini karena alasan konservasi atau melindungi habitat komodo.

Pemerintah Provinsi NTT pun menunjuk PT Flobamor untuk mengelola tiket masuk ke Pulau Komodo. Mereka akan mendominasi sektor hulu dan hilir pariwisata di Pulau Komodo. PT Flobamor merupakan BUMD yang dimiliki oleh Pemerintah NTT.

Abed berharap agar para pelaku wisata di Labuan Bajo berdialog dengan Gubernur NTT secara langsung untuk membicarakan secara baik. Hal ini bertujuan agar wisatawan dan seluruh pihak tidak dirugikan.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement