Wednesday, February 8, 2023
- Advertisement -
HomeTechTikTok hingga YouTube Digugat, Karena Bisa Rusak Otak dan Mental Remaja

Viral: TikTok hingga YouTube Digugat, Karena Bisa Rusak Otak dan Mental Remaja

TikTok hingga YouTube Bisa Rusak Mental Remaja

Info Viral: Sejumlah jaringan media sosial dan aplikasi streaming digugat karena dianggap menguntungkan dengan merusak otak dan pola pikir remaja. Gugatan diajukan kepada Seattle Public Schools.

Mengutip Phone Arena, jaringan media yang digugat antara lain TikTok, YouTube, Facebook, Snap, dan Instagram, termasuk perusahaan induknya, yakni Alphabet, Meta, dan ByteDance.

Gugatan sekolah umum Amerika itu terdaftar di Pengadilan Distrik AS untuk Distrik Barat Washington di Seattle. Gugatan tersebut juga menuduh rangkaian aplikasi yang menggunakan metode psikologis untuk membahayakan kesehatan mental para siswa.

TikTok hingga YouTube Bisa Rusak Mental Remaja - Satuviral – SATUVIRAL

Cara Buat Sticker Whatsapp, Mudah Tanpa Aplikasi

Satuviral

Dengan Memanfaatkan Psikologi Remaja

Selain itu, beberapa platform yang digugat juga dituduh mengeksploitasi psikologi dan neuropsikologi pengguna untuk menghabiskan lebih banyak waktu di platform tersebut. Teknik tersebut dinilai efektif namun berbahaya bagi remaja.

Sehingga terdakwa diyakini sengaja menciptakan krisis kesehatan mental di kalangan generasi muda Amerika Serikat. Krisis kesehatan mental disebabkan oleh tindakan terdakwa untuk memaksimalkan keuntungan finansial.

“Model bisnis mereka didasarkan pada iklan. Semakin banyak waktu yang dihabiskan di platform, semakin banyak iklan yang dapat dijual,” demikian isi gugatan.

Generasi Muda Target Utama

Generasi muda dianggap sebagai target utama platform media sosial ini. Ini karena remaja kemungkinan besar memiliki ponsel, menggunakan media sosial, dan memiliki waktu untuk dihabiskan di platform media sosial.

“Anak-anak muda sangat rentan terhadap perilaku manipulatif terdakwa karena otak mereka belum sepenuhnya berkembang dan mereka seringkali tidak dewasa secara emosional dan impulsif,” tambah Seattle Public School District.

TikTok hingga YouTube Bisa Rusak Mental Remaja - Satuviral – SATUVIRAL

Ini Spesifikasi Realme 10 Pro 5G & Realme 10 Pro Plus

Satuviral

Salah satu hal yang dipermasalahkan dalam gugatan tersebut adalah penyebaran konten berbahaya, seperti ajakan untuk diet yang membatasi asupan kalori hingga 300 kalori sehari.

Padahal, menurut Seattle Public School District, pria membutuhkan rata-rata 2.000-3.000 kalori sehari dan wanita membutuhkan rata-rata 1.600-2.000 kalori sehari.

Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral