Tuesday, December 6, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralTips Frugal Living Biar Cepet Kaya

Viral: Tips Frugal Living Biar Cepet Kaya

Jalan Ninja Nabung Banyak Uang

Info Viral: Pandemi Covid-19 memberi dampak signifikan pada ekonomi dunia. Terhimpitnya ekonomi memunculkan gaya hidup baru yang disebut frugal living. Konsep frugal living jadi salah satu pilihan gaya hidup yang dinilai tepat untuk berhemat.

Mengutip laman Wealth Simple, frugal living adalah gaya hidup berhemat dimana individu sadar akan pengeluaran dan fokus pada prioritas yang ada. Bukan berarti pelit, seorang individu yang menjalani gaya hidup ini benar-benar cermat dalam mengeluarkan uang.

Mereka tidak akan sayang mengeluarkan uang untuk kebutuhan dan hal-hal prioritas bahkan benda-benda berharga mahal. Namun individu akan sangat berhitung untuk mengeluarkan uang pada hal-hal tidak penting dan bukan prioritas hidup.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Perbaiki Twitter, Elon Musk Gaet Hacker

Satuviral

Frugal living kini banyak dijalankan para millenials di kota besar. Karena saat ini kaum millenials dimanjakan dengan beragam fasilitas dan kemudahan berbelanja serta dikepung dengan tuntutan gaya hidup konsumtif.

Misalnya bergonta-ganti ponsel keluaran terbaru. Rajin membeli produk fesyen dengan label bergengsi. Hingga godaan untuk jajan makanan online dan untuk rutin kongko di berbagai kafe. Tanpa sadar, uang pun habis untuk memenuhi gaya hidup.

Dengan mengaplikasikan frugal living, kamu dapat memenuhi tujuan keuangan di masa depan. Memilih gaya hidup frugal living akan membawa banyak manfaat bagi kehidupan seseorang. Salah satunya memiliki banyak uang untuk ditabung dan diinvestasikan, meraih kemandirian finansial, dan pensiun dini.

Berikut Satu Viral bocorkan tips menjalani gaya hidup frugal living

Catat Perencanaan Pengeluaran

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi Tahun Depan, Segini Harga Tiketnya

satuviral

Banyak orang abai dalam membuat perencanaan pengeluaran. Ada baiknya sebelum menerima gaji, kamu mencatat rencana pengeluaran bulanan. Catatan bisa kamu lakukan di kertas, Microsoft Excel maupun di notes Handphone.

Di akhir bulan, jangan lupa mencatat segala pengeluaran yang sudah terjadi selama satu bulan. Jika ada waktu kamu bisa langsung mencatat usai berbelanja. Dengan begitu kamu bisa tahu mana rencana pos yang perlu kamu prioritaskan, mana yang bisa ditunda. Atau bahkan tidak diperlukan di bulan berikutnya.

Catatan ini akan menjadi pengingat bagimu untuk tidak terlalu impulsif membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Membeli Barang Diskonan atau Barang Bekas

Saat ini sudah banyak diskonan bertebaran di Marketplace maupun di toko fisik. Apalagi program gratis ongkir juga banyak diterapkan di penjualan online. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menghemat pengeluaran.

Berbelanja barang bekas juga salah satu tips hidup hemat yang ampuh. Entah itu membeli mobil bekas atau baju bekas. Hampir semuanya menawarkan harga yang lebih murah. Namun kamu perlu benar-benar mengetahui kondisi barang tersebut sebelum membelinya.

Buat Daftar Menu Makanan

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Makanan bisa jadi pos pengeluaran terbesar dalam anggaran. Banyak orang tak bisa mengontrol pengeluaran makanan jika rajin jajan. Langkah cepat menghemat pengeluaran adalah memasak sendiri.

Info Viral: Biadab! Ayah Perkosa Putri Kandung Sejak TK

Satuviral

Kamu bisa merencanakan daftar menu makan, misalnya dalam seminggu. Jika ada bahan makanan yang tersisa, maka itu bisa diolah lagi. Lalu pergilah berbelanja di pasar tradisional ketimbang di pasar modern atau supermarket. Sekali berbelanja, langsung beli banyak dan simpanlah di kulkas.

Memasak terbukti dapat memangkas biaya 20 hingga 40 persen pos pengeluaran. Namun jika malas memasak, kamu bisa mencoba mengambil catering paketan dengan harga murah. Cara ini dapat membantu Anda menghemat uang untuk makanan sekaligus menjauhkan Anda dari kebiasaan boros jajan ini dan itu.

Kamu juga bisa menggantikan suatu produk dengan produk lain dengan harga lebih murah. Misalnya kamu biasa ngopi di mall tiap hari, bisa coba ngopi murah sasetan.

Pilih Kendaraan

Naik taksi kemana-mana memang lebih enak dan nyaman. Namun, kamu bisa mencoba alternatif kendaraan lainnya jika ingin menghemat. Misalnya mengganti dengan kereta atau motor atau shuttel. Bisa juga bergabung di grup nebeng. Jika jarak kantor tidak terlalu jauh, kamu bisa mencoba berjalan kaki atau naik sepedah. Selain bisa berhemat, kamu bisa lebih sehat.

Investasi Uang

Menginvestasikan uang adalah kunci untuk membangun kekayaan dan membuat uang ‘berbunga’ dengan sendirinya. Meski berinvestasi berarti mengambil risiko nilai uang mungkin turun, tetapi pada akhirnya kamu akan mendapat lebih banyak lagi.

Waktu adalah faktor yang penting, maka dari itu penting untuk mulai berinvestasi sesegera mungkin. Untuk pemula, kamu bisa mencoba berinvestasi di instrumen yang beresiko rendah misalnya reksadana, emas murni, atau tabungan berjangka. JIka sudah mulai paham dan jago, kamu bisa mulai bermain di pasar saham, valuta asing hingga properti.

Dapatkan info viral, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia dan berita viral. Jangan sampai kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com