Friday, February 23, 2024
HomeTrending ViralTujuh Tradisi Unik Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus

Viral: Tujuh Tradisi Unik Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus

Moment hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh tiap 17 Agustus bisa dirayakan dengan berbagai kegiatan. Setiap daerah pun memiliki acara unik untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia.

Berikut Satu Viral sajikan tujuh kegiatan rutin untuk memeriahkan perayaan 17 Agustus di seluruh nusantara.

Sampan Layar, Batam

Tradisi sampan layar digelar oleh masyarakat Batam, Kepulauan Riau untuk memperingati 17 Agustus. Acara ini sudah berlangsung turun temurun sejak 1965. Acara ini biasanya diadakan di Pulau Perbatasan, Belakang padang yang berbatasan langsung dengan Singapura.

Keunikan sampan layar adalah peserta lomba menggunakan perahu kayu dengan layar berwarna-warni. Warna yang biasa dipakai seperti hijau, biru, kuning, oranye, dan sebagainya.

 – SATUVIRAL

Simak, Diskon dan Promo di Perayaan HUT RI ke 77

Satuviral

Acara ini cukup populer, sehingga pesertanya tidak hanya berasal dari domestik tetapi juga wisatawan mancanegara. Tidak saja warga lokal, sejumlah wisatawan dari Malaysia dan Singapura juga turut menonton acara ini.

- Advertisement -

Pacu Kude, Aceh

Permainan rakyat Aceh ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda. Awalnya pacuan kuda diselenggarakan usai panen. Pada 1956, permainan ini secara resmi diambil alih oleh pemerintah setempat. Sejak saat itu, pemerintah dan masyarakat Aceh menganggap bahwa pacu kude merupakan simbol dari perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan.

Saat ini tradisi lomba pacuan kuda selalu digelar saat perayaan HUT RI setiap tahunnya. Biasanya pacuan kuda akan berlangsung selama 7 hari.Uniknya, kuda yang digunakan dalam balapan ini merupakan kuda hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo.

Lomba Dayung, Banjarmasin

Setiap tahun, masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan menggelar lomba dayung untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia. Lomba ini merupakan tradisi turun temurun yang sudah diadakan sejak 1942 lalu.

Awalnya, peserta lomba dayung hanya berasal dari warga setempat. Namun, karena semakin masyhur maka peserta mulai beragam dari provinsi lain. Perahu yang digunakan bukan sembarang perahu. Ada ikon kepala naga diujung perahu. Sehingga disebut lomba dayung perahu naga.

Telok Abang, Palembang

Jika berkunjung ke Palembang, Sumatera Selatan pada Agustus wisatawan akan menemukan banyak penjual mainan dari gabus. Mainan tersebut bernama telok abang.

 – SATUVIRAL

Contek Ide Lomba 17 an Unik, Bikin Ketawa Ngakak

Satuviral

Mainan dari gabus tersebut dibentuk menyerupai kapal laut, pesawat terbang, atau kereta api. Kehadiran mainan telok abang sangat lekat dengan perayaan 17 Agustus. Telok abang juga dilengkapi dengan telur rebus. Uniknya, telur tersebut dicat dengan warna merah, kemudian ditancapkan di bagian tengah kapal.

Tirakatan, Jawa

Tirakatan merupakan tradisi yang sangat erat dengan masyarakat Jawa. Biasanya dilakukan pada malam menjelang 17 Agustus atau pada 16 Agustus malam. Masyarakat berkumpul di balai desa atau fasilitas umum untuk mengenang jasa pahlawan, mengheningkan cipta, doa bersama. Kemudian lalu dilanjutkan dengan makan bersama.

Biasanya, dalam acara ini juga berlangsung penyerahan hadiah untuk berbagai macam lomba yang sudah diadakan sebelumnya. Acara ini biasanya dihadiri oleh para sesepuh dan pejabat desa, serta warga setempat.

Peresean, Lombok NTB

Peresean merupakan kesenian tradisional masyarakat Suku Sasak Lombok. Tradisi ini mengumpulkan jagoan dari berbagai pelosok Lombok untuk beradu ketangkasan. Para jagoan tersebut saling serang dengan bersenjatakan rotan dan perisai yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau. Mereka bertarung dalam sebuah tempat area khusus.

 – SATUVIRAL

Peresean memiliki makna persaudaraan dan sikap ksatria seorang laki-laki. Tradisi ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang datang ke Lombok.

Karapan Kambing, Jawa Timur

Ada sebuah tradisi unik di Jawa Timur yang bernama karapan kambing. Ini adalah perlombaan adu cepat pasangan kambing. Kambing yang ikut perlombaan akan diikat dengan sebuah tongkat kayu panjang.

Dibelakang kambing ada seorang joki yang bertugas agar kambing berlari dengan cepat. Lucunya agar Kambing dapat berlari cepat, dioleskan balsem dan minyak angin pada beberapa bagian tubuh. Hal ini akan memberikan sensasi panas dan membuat kambing berlari cepat.

Salah satu daerah yang rutin menggelar karapan kambing adalah Probolinggo. Selain perayaan 17 Agustus, tradisi turun temurun itu juga diselenggarakan pada musim panen atau perlombaan antar desa.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -