Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralTunjangan Profesi Bakal dihapus, Para Guru Menjerit

Viral: Tunjangan Profesi Bakal dihapus, Para Guru Menjerit

Berita Terkini; Kemendikbud Ristek telah membuat rancangan undang-undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) pada Agustus 2022. Namun RUU Sisdiknas ini justru menuai kontroversi dari para guru. Pasalnya pasal yang mengatur tentang tunjangan profesi guru dihapuskan dalam RUU tersebut.

Para guru merasa keberatan dengan adanya RUU Sisdiknas ini. Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menyesalkan hilangnya pasal tentang tunjangan profesi guru dalam RUU Sisdiknas.

Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim mengatakan hilangnya pasal tunjangan ini akan menurunkan taraf hidup para guru. Tentu saja hal ini membuat para guru dan keluarga kecewa berat.

“RUU Sisdiknas yang menghapus pasal TPG seperti mimpi buruk bagi jutaan guru, calon guru, dan keluarga mereka,” tegasnya.

Ia melanjutkan dihilangkannya pasal TPG ini menjadi perbincangan serius di internal organisasi guru dan WAG Guru. Pasalnya RUU Sisdiknas berpotensi kuat akan merugikan jutaan guru di Indonesia.

Pihaknya berencana untuk memperjuangkan kembalinya tunjangan profesi guru dalam RUU ini. Kedepan P2G akan berkoordinasi bersama organisasi profesi guru lainnya untuk melaporkan keberatan ini kepada Menteri Pendidikan Nadiem Makarim dan DPR.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Suasana Banjir Besar di Pakistan, Renggut 1000 Nyawa

Satuviral

“Kita para guru wajib memperjuangkan bersama agar TPG jangan dihapus dan dihilangkan dari RUU Sisdiknas. Kalau bukan kita para guru yang berjuang untuk nasib dan masa depan kita, siapa lagi?” kata Salim.

Kepala Bidang Advokasi P2G, Iman Zanatul Haeri menyayangkan sikap Mendikbud Ristek Nadiem Makarim yang tega menghapus pasal TPG dalam RUU Sisdiknas.

Ia menjelaskan tunjangan profesi guru selama ini dianggap sebagai salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan harkat dan martabat guru. Sehingga guru dengan memperoleh tunjangan merasakan lebih baik kehidupannya.

Menurut yang Satu Viral baca, tak satupun dalam klausul RUU yang menuliskan tentang tunjangan profesi guru. Begitu juga pada pasal 105 huruf a-h yang memuat hak guru atau pendidik. Pasal ini hanya memuat klausul tentang hak penghasilan/pengupahan dan jaminan sosial guru.

Kemendikbud Ristek Tegaskan Penghasilan Guru Tambah Tinggi

Anindito Aditomo sebagai Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbud Ristek menjelaskan bahwa adanya RUU Sisdiknas ini justru untuk membuat semua guru mendapat penghasilan yang layak.

Pasal tunjangan yang dihapus dilakukan untuk mempermudah guru mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Pasalnya saat ini guru harus antri lama dan kesulitan memperoleh sertifikasi.

“Melalui RUU Sisdiknas ini, guru-guru yang belum mendapat tunjangan profesi akan bisa segera mendapat kenaikan penghasilan. Guru-guru tersebut tidak harus menunggu antrean panjang PPG dalam jabatan untuk mendapat penghasilan yang lebih layak,” pungkas Anindito.

Anindito juga menegaskan RUU Sisdiknas memastikan bahwa guru akan tetap mendapat tunjangan profesi sampai pensiun.

“Untuk guru ASN yang belum mendapat tunjangan profesi, peningkatan penghasilan diberikan melalui pengaturan bahwa guru ASN yang sekarang belum tersertifikasi akan mendapat penghasilan – termasuk tunjangan – sesuai UU ASN,” tutup Anindito.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com