Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeTrending ViralUang Pecahan Baru diluncurkan, Ini Penampakan dan Cara Menukarkannya

Uang Pecahan Baru diluncurkan, Ini Penampakan dan Cara Menukarkannya

Ada 8 Pahlawan Nasional Dalam Uang Baru

Berita Terkini; Sobat Viral, tahukah kamu Bank Indonesia resmi meluncurkan pecahan uang kertas baru tahun 2022. Ada tujuh pecahan uang rupiah kertas baru yang diterbitkan. Nominalnya Rp 1.000 hingga Rp 100 ribu.

Peluncuran uang pecahan baru dilakukan oleh Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim dan mengharapkan ridha Allah Yang Maha Kuasa. Saya dan meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 sebagai alat pembayaran yang sah diseluruh wilayah NKRI,” ujar Perry seperti ditulis Satu Viral, Kamis (18/8).

Perry menjelaskan ada delapan pahlawan nasional yang ada di dalam uang pecahan baru ini. Mereka adalah Ir. Soekarno dan Drs Mohammad Hatta pada rupiah pecahan Rp 100 ribu. Adajuga gambar Ir. H. Djuanda Kartawidjaja sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 50 ribu.

Biadab! Wanita Korban Kecelakaan ini diperkosa Temannya

Satuviral

Pada uang pecahan Rp 20 ribu ada gambar pahlawan nasional Dr. G.S.S.J Ratulangi . Sedangkan gambar pahlawan Frans Kaisiepo sebagai gambar utama bagian depan pada rupiah pecahan Rp 10 ribu. Adapula pahlawan nasional D.r. K.H. Idham Chalid sebagai gambar pada pecahan Rp 5.000.

Selain itu pada uang rupiah pecahan Rp 2.000 terdapat gambar Mohammad Hoesni Thamrin. terakhir gambar pahlawan nasional Tjut Meutia sebagai gambar rupiah Rp 1.000.

Langkah Praktis Menukarkan Uang Baru

Sobat Viral yang tertarik untuk menukarkan uang lama dengan uang baru, ikuti langkah berikut ini. Direktur Eksekutif Kepala Departemen Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, penukaran uang kertas baru dapat dilakukan dengan dua langkah. Pertama melalui kas keliling atau kedua melalui aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR).

Jika kamu ingin melalui aplikasi Pintar, maka terlebih dahulu kita memesan uang melalui laman https://pintar.bi.go.id. Kemudian uang baru bisa diambil di Bank Indonesia sehari setelahnya.

Benarkah Elon Musk Berencana Beli Manchester United?

Satuviral

“Aplikasi penukaran tersebut dapat diakses oleh masyarakat mulai tanggal 18 Agustus 2022 pukul 11.00 WIB. Penukaran uang dimulai 19 Agustus,” terang Erwin Haryono dalam keterangannya kepada Satu Viral, Kamis (18/8/2022).

Usai membuka website pintar.bi.go.id, pilih menu ‘Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling. Pilih provinsi lokasi dan tanggal penukaran uang rupiah yang sesuai dengan keinginanmu. Lalu mengisi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, dan nomor telepon.

Jangan lupa mengisi jumlah lembar/keping uang rupiah yang akan ditukarkan. Tunggu bukti pemesanan keluar dalam bentuk digital. Bawalah bukti penukaran tersebut dan tunjukan di kas keliling saat hendak menukar uang baru.

Erwin melanjutkan penukar wajib membawa bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling dalam bentuk digital/cetak. Masyarakat yang akan menukarkan uang Rupiah harus terlebih dahulu memilah dan mengemas uang rupiah yang ditukarkan.

“Kami menerapkan kuota pemesanan untuk per orang. Agar semua kebagian. Uang lama juga harus masih bisa dikenali nilainya,” jelas dia.

Pada saat melakukan penukaran, penukar dalam keadaan sehat serta menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penularan COVID-19. Selamat mencoba Sob.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
284FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement