Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralUnik, Kontes Putri Jawa di Suriname, Nama Belakang dan Paras Peserta Disorot

Unik, Kontes Putri Jawa di Suriname, Nama Belakang dan Paras Peserta Disorot

Pakai Bahasa Jawa

Info Viral; Ajang Putri Jawa Suriname 2022 viral di sosial media. Lantaran keunikan acara dan para pesertanya. Pasalnya kontes kecantikan ini diikuti para wanita dari negara Suriname keturunan suku Jawa.

Poster acara yang menampilkan 15 foto dan nama finalis pun ramai jadi perbincangan netizen. Warganet menyorot penampilan peserta yang masih memiliki paras khas orang Jawa. Padahal sebagian besar peserta lahir di Suriname, di wilayah Amerika Selatan.

Nama belakang para peserta juga disorot lantaran mempertahankan nama asli orang Jawa. Nama-nama mereka diantaranya Ngadino, Katidjo, dan Wirokarso.

Seperti yang kita ketahui, Suriname adalah negara di Amerika Selatan di mana penduduknya banyak keturunan orang Jawa. Dimasa penjajahan, Belanda membuka kesempatan warga Jawa bermigrasi ke sana.

Berita Viral SatuViral

Pemprov DKI Pisah Tempat Duduk Di Dalam Angkot Berdasarkan Gender

Satuviral

Masyarakat Jawa itupun hidup berkelompok dan mewariskan kebudayaan serta bahasa turun temurun. Tak heran jika hingga kini masih banyak ditemukan warga negara Suriname yang fasih berbahasa Jawa.

Peserta Wajib Gadis Suriname Keturunan Jawa

Poster acara Putri Jawa pertama kali diposting di akun FB official Putri Jawa.

“Ayo putri ayu lan manis kabeh, padha melu kontes iki. Salam manis! Groetjes! (ayo putri yang manis ikutan acara ini. Salam Manis) ,” tulis ajang tersebut di Facebook.

Syarat untuk ikut ajang ini cukup mudah. Peserta wajib berusia 17 sampai 25 tahun dan belum menikah serta belum punya anak. Selain itu peserta wajib warga negara Suriname yang keturunan Jawa minimal dari salah satu orang tua. Terakhir adalah peserta berpenampilan menarik dan tidak pernah terlibat kriminalitas.

Tak butuh waktu lama, sebulan kemudian Putri Jawa Suriname pun telah memilih 15 kontestan berprestasi.Mereka bahkan menggelar ‘selamatan’ yang kental dengan adat Jawa. Acara puncak final akan diselenggarakan pada 30 Juli 2022.

Hamil Anak ke Lima Putin, Ini Profil Pacar Rahasia Presiden Rusia

Satuviral

Dalam foto-foto yang diunggah, para finalis telah melakukan berbagai persiapan untuk tampil prima di babak pemilihan.

“Para bapak saha para ibu sing tak hormati, saka senenge ati kita, kita nyuguhake sing padha melu sayembara Putri Jawa Suriname 2022. Mangga,” bunyi caption unggahan tersebut.

“Dengan bangga menampilkan 15 kontestan Putri Jawa Suriname 2022′,” begitu arti tulisan dalam poster tersebut.

Kontes kedua Usai 20 Tahun Mati Suri

Sharon Pawiroredjo salah satu petinggi di organisasi yang menyelenggarakan Putri Jawa Suriname menerangkan, kontes ini adalah kali kedua dilakukan. Kontes pertama kali pertama digelar pada 2002.

Penyelenggaraan adalah Vereniging Herdenking Javaanse Immigratie (VHIJ). Ini adalah organisasi budaya Jawa terbesar di Suriname yang beranggotakan para imigran Jawa di sana. VHIJ didirikan pada 1985 dan anggotanya masih aktif berkumpul hingga sekarang.

“Setelah 20 tahun, organisasi kami merasa perlu untuk mengadakan kontes kecantikan spesial ini lagi. Setelah tantangan baru-baru ini dengan pandemi, akibatnya semua kegiatan (budaya) terhenti dan tidak banyak acara (budaya) untuk kalangan muda,” tutur Sharon.

Pemenang Putri Jawa Suriname 2022 tidak hanya dinilai pada penampilan dan presentasinya. Tetapi juga karisma, kepercayaan diri, fasih berpidato, serta pengetahuan budaya.

Sharon Pawiroredjo melanjutkan antusiasme warga lokal terhadap kontes Putri Jawa Suriname ini sangat luar biasa. Hal ini dilihat dari sorotan media dan pesan serta dukungan yang diterima VHIJ. Sharon juga terkejut dengan pemberitaan masal dari media di Indonesia.

Ia berharap penyelenggaraan konten ini dapat menghidupkan kembali budaya dan ruh Jawa di kalangan anak muda Suriname keturunan Jawa. Kedepan Sharon akan terus menggelar kontes ini setahun sekali.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement