Advertisement
Thursday, September 29, 2022
HomeDestinationUnik! Warga di Dusun ini Dilarang Tidur di Atas Kasur

Unik! Warga di Dusun ini Dilarang Tidur di Atas Kasur

Tradisi Turun Temurun Sejak Jaman Belanda

Info Viral; Pernahkah Sobat Viral merasakan tidur ga pakai kasur? Apa bisa tidur nyaman dan nyenyak tanpa beralaskan kasur? Di dusun ini semua warganya dilarang tidur diatas kasur. Dusun unik ini bernama Dusun Kasuran yang terletak di Desa Margodadi, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah istimewa Yogyakarta. Lokasinya 6 kilometer sebelah utara dari Pasar Godean Sleman atau barat laut Kota Yogyakarta.

Larangan berupa tidak boleh tidur di kasur sudah menjadi kepercayaan warga Dusun Kasuran turun temurun. Dipercaya mereka yang melanggarnya akan terkena sial atau terjadi musibah. Meski demikian, warga bisa tidur di kasur bila sudah melakukan ruwatan.

Tradisi ini sudah diwariskan secara turun-temurun sejak zaman dulu. Larangan ini bermula dari kisah dimasa lampau yang diceritakan oleh tetua desa turun temurun. Dikutip dari Slemankab.go.id, kisah ini bermula dari pasangan suami istri yaitu Kyai Kasur dan Nyai Kasur. Keduanya berbeda pendapat saat akan turut berperang melawan Belanda bersama Pangeran Diponegoro.

Hey Beach Resto, Hadirkan Suasana “Pantai” ke Tengah Kota

Satuviral

Kyai Kasur ingin ikut berperang, namun Nyai Kasur menolak. Karena perbedaan pendapat itu, kemudian mereka berpisah. Kyai Kasur kemudian tinggal di Kasuran Wetan. Sementara Nyai Kasur tinggal di Kasuran Kulon yang terletak bersebelahan dusunnya.

Mereka juga membuat perjanjian. Salah satu perjanjiannya adalah warga yang menetap di tempat itu kelak tidak boleh tidur menggunakan kasur. Perjanjian itu terus ditaati penduduk yang tinggal di sana hingga kini.

Selain itu antara warga Dusun Kasuran Wetan dan Dusun Kasuran Kulon tidak boleh ada yang saling menikah. Kepala Dusun Kasuran Wetan, Noor Sidiq, sebenarnya warga setempat boleh saja tidur menggunakan kasur. Namun hal itu dilakukan setelah mereka melalui prosesi ruwatan.

Ruwatan itu harus dilakukan seluruh warga bersama-sama. Tapi karena masih banyak warga yang ingin mengikuti tidur tanpa kasur, jadi ruwatan ini tak pernah dilakukan.

Tidur di Atas Kasur Bisa Kena Sial/ Musibah

Sidiq bercerita pernah ada warga luar desa yang pindah ke dusun tersebut. Ia kemudian membawa kasur dan tidur di kasur. Anehnya tiap hari Jumat ia menjumpai seekor ular melingkar di Kasur miliknya. Karena itu ia langsung membuang kasur dan tak lagi tidur menggunakan kasur di rumahnya.

Tak Cuma Belanja, 5 Kegiatan Seru di PRJ 2022

Satuviral

Tak hanya itu, peristiwa aneh lain pernah terjadi di tahun 1986. Saat itu, cerita Sidiq ada seorang petugas Brimob yang pindah tugas ke wilayah Kasuran.

Saat perpindahan itu, Ia membawa serta seluruh peralatan rumah tangga termasuk kasur miliknya. Karena tak tahu pantangan itu, Ia tidur menggunakan kasur. Tak berapa lama kemudian Ia mengalami sakit keras sehingga warga sekitar berdoa untuk kesembuhannya. Anggota Brimob itupun sembuh.

Lantas Sidiq menjelaskan warga di Dusun Kasuran Wetan tidur menggunakan alas spons. Hampir 90 persen warganya yang tidur dengan spon. Berbeda dari Kasuran Wetan, 90 persen penduduk Dusun Kasuran Kulon masih tidur menggunakan tikar.

Anehnya walau banyak yang tidur dengan tikar, tapi tak banyak warga di sini yang mengalami sakit seperti sesak napas atau sakit lainnya karena tidur tanpa alas kasur.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,603FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
284FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement