Friday, January 27, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralUrai Kemacetan, Teknologi AI Bakal Dipasang di Jakarta

Viral: Urai Kemacetan, Teknologi AI Bakal Dipasang di Jakarta

Teknologi AI untuk Urai Kemacetan

Info Viral: Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta tengah menyiapkan sistem dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Hal ini dilakukan guna membantu mengurai kemacetan di ibu kota.

AI itu disiapkan beroperasi pada 2023 dengan menganalisis beberapa titik di persimpangan jalan yang kerap mengalami kemacetan.

“Kami tidak berharap kemacetannya akan langsung selesai. Tidak sampai sejauh itu, dari data analisis itu kami ingin mengetahui dan mengurai sumber kemacetan itu dari mana,” kata Kepala Unit Pengelola Sistem Pengendalian Lalu Lintas Dishub Provinsi DKI Jakarta Emanuel Kristanto, Rabu (7/12/2022).

Viral: Kurangi Macet, Karyawan di Jakarta Disarankan WFH Saat Musim Hujan

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Teknologi kecerdasan buatan untuk proyek ini berupa machine learning dan cloud.

Proyek tersebut bernama Green Light, dan DKI Jakarta merupakan kota pertama di Asia Tenggara yang menggunakan AI untuk membantu menganalisis kemacetan perkotaan.

AI Ini Bakal Bantu Kurangi Polusi

Emanuel pun berharap, selain dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, penggunaan kecerdasan buatan juga dapat membantu masyarakat dalam hal efisiensi bahan bakar kendaraan dan membantu mengurangi polusi.

Viral: Viral, Pesawat Bikin Macet Jalanan di Bogor

Satuviral
Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Pihak swasta yang bermitra dengan proyek Lampu Hijau adalah Google Indonesia, yang dikukuhkan dalam nota kesepahaman yang ditandatangani pada November 2022.

Proyek ini sebelumnya telah dilaksanakan di kota-kota yang cenderung menjadi titik kemacetan di negara lain.

Contoh keberhasilan proyek ini adalah di kota Bangalore, India, dengan membantu meningkatkan efisiensi lalu lintas sebesar 20% dalam kondisi kemacetan normal.

Menariknya, AI yang digunakan berjalan tanpa biaya tambahan dan mampu memberikan rekomendasi yang sama efektifnya dalam praktik.

“Teknologi AI memungkinkan Google untuk menganalisis data tanpa menggunakan sensor tambahan atau bahkan mengubah infrastruktur,”

“kemudian mengirimkan rekomendasi ke lembaga kota, yang kemudian menerapkan metode untuk mengoptimalkan pengaturan.” kata Yossi Matias, wakil presiden teknik dan penelitian di Google.

Kemacetan lalu lintas di Ibu Kota Jakarta semakin terasa, apalagi setelah aktivitas di luar ruangan mereda di tengah pandemi Covid-19.

Padahal, kemacetan lalu lintas di Jakarta saat ini sudah banyak berkurang, dari indeks yang dirilis oleh TomTom Index, terlihat Jakarta akan menduduki peringkat ke-46 posisi paling padat di dunia pada tahun 2021.

Hal ini bisa dibilang jauh lebih baik mengingat Jakarta menduduki peringkat keempat kota terpadat di dunia pada tahun 2017 lalu.

Dapetin terus berita-berita ekslusif setiap hari, cuma di Satu Viral. Kamu bakal tau info terbaru dan breaking news soal berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini di Satu Viral.

Popular Categories

Ads on Satuviral