Advertisement
Wednesday, September 28, 2022
HomeTrending ViralUstad Ali Hidayat Klaim Nama Pattimura Ahmad Lussy? Begini Kata Sejarawan

Ustad Ali Hidayat Klaim Nama Pattimura Ahmad Lussy? Begini Kata Sejarawan

Klaim Lewat Cuplikan Video Lawas

Berita Terkini; Ustadz Adi Hidayat mendadak menjadi sorotan. Ia menyebut pahlawan Kapitan Pattimura bernama asli Ahmad Lussy, bukan Thomas Matulessy. Ucapan itu ada dalam potongan video yang viral di Twitter.

Dalam video tersebut, Ustadz Ali juga mengatakan bahwa Kapitan Pattimura beragama islam. Pekerjaannya adalah seorang kyai dan pemimpin pondok pesantren yang berjuang melawan penjajah di Indonesia.

“Di uang 1.000 itu ada gambar Kapitan Pattimura. Siapa nama aslinya? Thomas Matulessy. Kami berusaha mencari dan melihat pakar sejarah dikumpulkan, ternyata nama aslinya Pattimura itu bukan Thomas Matulessy, tapi Ahmad Lussy,” ujar ustadz Adi Hidayat dalam potongan video tersebut dikutip Satu Viral.

Video ini berdurasi 1 menit 24 detik. Menurut penelusuran Satu Viral, Video ini adalah potongan video lawas tahun 2018 yang dipopulerkan kembali oleh akun @yaniarsim.

The Power of Emak- Emak; Kapolda Jakarta Bikin Pertandingan Tinju Cegah Tawuran

Satuviral

Sejarawan Bantah Info Ustadz Ali

Sejarawan dari UGM, Satrio Dwicahyo (Ody) mengatakan masyarakat Indonesia perlu berpikir kritis kembali untuk menelaah ucapan Ustadz Ali. Pencatatan sejarah tentu memiliki bukti tertulis, bukan hanya sekedar cerita atau ucapan.

“Dalam menghadapi narasi seperti demikian, ada baiknya publik membaca lebih banyak narasi dari berbagai pihak. Dalam kasus ini, paling penting adalah dari sudut pandang orang Maluku sendiri. Bagaimana cara mereka melihat masa lalunya, ini penting menurut saya,” kata Ody.

Bagi Ody, teori ‘Ahmad Lussy’ lebih mirip seperti hasil dari metodologi cocoklogi alias mencocok-cocokkan hal-hal yang tidak langsung berhubungan.

Seharusnya, interpretasi sejarah dilakukan teliti dan terukur. Bukan sekadar ‘cocoklogi’. Namun demikian, teori sejarah dari metode ‘utak-atik gatuk’ ternyata juga digemari banyak orang. Maka berjodohlah kedua pihak ini, pembuat teori sejarah tertentu dengan penyuka teori sejarah tertentu.

“Mereka (penafsir sejarah) juga mungkin saja sudah punya frame terlebih dahulu untuk melihat sumber dengan kacamata mereka,” kata dia.

Siapakah Pattimura Menurut Sejarah Indonesia?

Situs resmi Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kemendikbud Ristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi), Kapitan Pattimura adalah Pahlawan nasional Indonesia dari Maluku.

Kapitan Pattimura lahir di Saparua, Maluku, pada 8 Juni 1783. Ia merupakan keturunan bangsawan dari Raja Saulau, sebuah kerajaan yang terletak di Teluk Seram Selatan.
Pattimura adalah putra dari pasangan Frans Matulessy dan Fransina Silahoi. Bersama seluruh rakyat Saparua, ia maju melawan Belanda pada 14 Mei 1817.

Tips Lolos Seleksi Kartu Prakerja 35

Satuviral

Di bawah kepemimpinan Pattimura, Benteng Duurstede berhasil direbut dari tangan Belanda dan menewaskan seluruh tentara mereka. Akan tetapi, setelah kesuksesannya, pada 11 November 1817, Kapitan Pattimura ditangkap oleh Belanda dan Benteng Duurstede kembali direbut.

Pattimura kemudian dibawa ke Ambon dan berusaha dibujuk oleh Belanda untuk bekerja sama. Dengan tegas ia menolak. Jawaban tersebut lantas membuat Belanda marah sehingga memutuskan untuk menghukum mati Kapitan Pattimura.

Sehari sebelum dieksekusi, Pattimura kembali dibujuk untuk bekerja sama dengan Belanda, tetapi masih menolak. Akhirnya, pada 16 Desember 1817, Ia dihukum mati. Belanda menggantung dirinya di Benteng Victoria, Ambon. Untuk menghargai jasanya, pada 6 November 1973, Kapitan Pattimura dianugerahi gelar sebagai pahlawan nasional Indonesia berdasarkan SK No 087/1973.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,607FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
285FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement