Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralVaksin Covid Buatan Dalam Negeri, Indovac Resmi diluncurkan

Viral: Vaksin Covid Buatan Dalam Negeri, Indovac Resmi diluncurkan

Diklaim Halal Tayiban

Berita Terkini; Vaksin Covid-19 buatan Indonesia, Indovac resmi diluncurkan ke publik. Peluncuran vaksin ini dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Bandung Jawa Barat pada Kamis (13/10/2022). Vaksin pertama bikinan anak bangsa ini diproduksi oleh perusahaan BUMN PT Bio Farma.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya luncurkan vaksin Indovac produksi PT Bio Farma Bandung,” kata Jokowi dalam keterangan pers yang ditulis Satu Viral di Jakarta, Jumat (13/10/2022).

Jokowi meluncurkan pujian kepada PT Bio Farma yang berhasil menciptakan vaksin ini. Di tahap awal, Bio Farma memproduksi sebanyak 20 juta dosis pada tahun ini. Jumlah produksi pertahunnya bisa bertambah hingga maksimal 120 juta dosis vaksin.

“Tadi Pak Dirut (PT Biofarma) menyampaikan tahun depan bisa 40 juta. Kalau pasar masih memerlukan bisa sampai ke 120 juta dosis vaksin,” ujar Jokowi.

 – SATUVIRAL

Wings Grup Buka Loker, ini Posisi dan Syaratnya

Satuviral

Demi mewujudkan jumlah tersebut, Presiden menginstruksikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri BUMN Erick Thohir untuk terus mendorong PT Bio Farma memproduksi vaksin. Sehingga kebutuhan vaksin di Indonesia dapat dipenuhi secara mandiri.

“Sehingga nanti akan betul-betul menghasilkan sebuah revenue yang semakin besar bagi negara. Kita memiliki kemandirian berdikari betul dalam urusan vaksin,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Indovac merupakan vaksin Covid-19 pertama bikinan anak bangsa yang mendapatkan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat. Izin penggunaan darurat vaksin Indovac resmi dikeluarkan pada 24 September 2022.

Bakal di Ekspor ke Afrika

Direktur utama Bio Farma, Honesti Basyir, menjelaskan pembuatan vaksin ini dari proses hulu hingga hilir dilakukan sepenuhnya di Indonesia. Basyir melanjutkan di awal pembuatan, tim Bio farma bekerja sama dengan institusi peneliti dari Baylor College of Medicine dari AS. Kemudian tahapan pengembangannya dilakukan seluruhnya di Indonesia.

“Semua tahapan pengembangan mulai dari pra klinik, uji klinik fase I, II, dan III di Indonesia yaitu di Bio Farma,” ucap Basyir.

Ia menegaskan vaksin IndoVac sudah memenuhi kebutuhan aspek halal. Sebab vaksin ini diproduksi dengan teknologi subunit protein recombinant dan telah melalui serangkaian audit aspek kehalalan. 

 “Kami memastikan seluruh proses dan rantai produksi Vaksin IndoVac, mulai bahan baku dan prosesnya sampai dengan produk jadi telah memenuhi persyaratan produk halal. IndoVac telah memenuhi kebutuhan aspek halal dan thayyib yang memperkuat jaminan kualitas dan keamanan atas vaksin ini,” kata dia.

Ke depan pihaknya siap untuk mengeksport vaksin ini keluar negeri. Tahapan ekspor diawali dengan mendonasikan vaksin IndoVac, ke sejumlah negara berpenghasilan menengah ke bawah. Salah satunya Afrika. Sebelumnya, Bio Farma juga telah mengekspor vaksin polio ke negara-negara Afrika.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com