Tuesday, March 21, 2023
- Advertisement -
HomeTrending ViralVideo Efek Mengerikan Usai Gempa di Jayapura

Viral: Video Efek Mengerikan Usai Gempa di Jayapura

Pemkota Jayapura Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana

Info Viral: Gempa bumi magnitudo (M) 5,4 mengguncang Jayapura, Papua. Akibatnya Gempa di Jayapura empat orang tewas, belasan orang luka dan ratusan warga harus mengungsi. Pemkot Jayapura pun menetapkan status tanggap darurat bencana di wilayah itu.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi mengatakan status tanggap darurat ditetapkan selama 21 hari. Dimulai dari tanggal 9 Februari 2023 hingga 1 Maret 2023.

Viral: Nasib Pilot Susi Air: Disandera OPM Atau Selamatkan Diri

Satuviral

“Sehingga setelah ini kami akan menindaklanjuti infrastruktur dan pembangunan posko. sehingga masyarakat bisa mengungsi untuk sementara,” katanya di Jayapura, seperti ditulis Satu Viral, Jumat (10/02).

Gempa di Jayapura itu terjadi  pada Kamis (09/02) sekitar pukul 13:28:02 WIB.  Pusat gempa berkekuatan 5,4 M itu berada di darat tepatnya koordinat 2,50° LS ; 140,70° BT. Kedalaman gempa sekitar 10 km. 

Pemkot Jayapura juga meliburkan sementara sekolah pada hari ini, Jumat 10 Februari 2023. Sekolah akan masuk kembali pada Senin (13/02).

efek Gempa di Jayapura- Satu Viral – SATUVIRAL
efek Gempa di Jayapura- Satu Viral

Robby menjelaskan lokasi yang terparah akibat gempa berada di Distrik Jayapura Utara dan Distrik Jayapura Selatan. Dampak dari gempa bumi tersebut sejumlah fasilitas umum seperti rumah sakit kantor pemerintahan dan rumah warga rusak ringan hingga berat.

Pemkot Jayapura melalui Dinas Sosial telah membuat sejumlah tenda pengungsi  juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Sosial dalam membangun posko di beberapa titik di Distrik Jayapura dan Jayapura Selatan.

“Posko dan tempat pengungsian warga yang sudah dibangun ada di depan Kantor Wali Kota Jayapura. Masih akan dibangun beberapa tapi lokasinya masih kami koordinasikan lagi,” katanya.

efek Gempa di Jayapura- Satu Viral – SATUVIRAL
efek Gempa di Jayapura- Satu Viral

Kebutuhan Pengungsi Usai Gempa di Jayapura

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan efek gempa di Jayapura, Papua, menyebabkan 700 orang mengungsi. Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB merinci, ada 50 kepala keluarga (KK) mengungsi di Entrop Kompleks CV Thomas. Sementara 50 KK di Bank BTN Kota Jayapura, dan 200 jiwa di Kristus Raja Dok V. Selain itu sebanyak 400 jiwa mengungsi di Bhayangkara I. 

“700 orang mengungsi di empat titik pasca gempa bumi magnitudo 5,4 yang mengguncang wilayah Kota Jayapura, Papua,” kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam siaran pers, Jumat (10/2/2023). 

Viral: Sederet Sanksi Bagi Penerima Beasiswa LPDP yang Tidak Kembali ke Indonesia

Satuviral
efek Gempa di Jayapura- Satu Viral – SATUVIRAL
efek Gempa di Jayapura- Satu Viral

Selain pengungsi, Pusdalops BNPB juga mencatat sedikitnya ada empat orang meninggal dan 5 orang mengalami luka-luka akibat gempa bumi. Keempat orang yang tewas adalah pegawai sebuah cafe di pinggir laut yang masuk ke dalam laut akibat Gempa bumi.

Menurut perkembangan pendataan pada Kamis (9/2/2023) pukul 18.17 WIB, banguan yang rusak meliputi 2 rumah rusak sedang, 3 rumah rusak berat, 1 ruko cafetaria tenggelam. Ada juga 3 gedung terdampak, RSUD Kota Jayapura rusak, 1 masjid, 2 gereja dan 1 unit hotel rusak.

 – SATUVIRAL
63e4f0ec9f0ec gempa jayapura 1265 711

BPBD Kota Jayapura bersama BPBD Provinsi Papua terkait telah mendirikan tenda darurat. Kemudian, menyediakan lokasi pengungsian, dapur umum, dan memberikan dukungan dasar bagi para pengungsi. 

“Sedangkan kebutuhan mendesak dan dibutuhkan saat ini berupa tenda darurat dan genset untuk listrik,” kata Abdul.

Advertisement

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -