Thursday, February 29, 2024
HomeTrending ViralViral! ABG Lempari Lukisan Van Gogh dengan Saus Tomat

Viral: Viral! ABG Lempari Lukisan Van Gogh dengan Saus Tomat

Info Viral; Aksi nekat dilakukan dua aktivis Just Stop Oil di London Inggris. Mereka melempar sop tomat ke lukisan Sunflowers (Bunga Matahari) di Galeri Nasional, London, Inggris. Lukisan ini milik pelukis legendaris Belanda, Vincent van Gogh yang bernilai jutaan dollar.

Dikutip dari The Guardian, awalnya dua aktivis itu masuk ke dalam galeri nasional menggunakan kaos bertulis Just Stop Oil pada Jumat 14 Oktober 2022. Mereka lantas melempar saus tomat ke lukisan. Lalu melumuri diri sendiri dengan lem, tepat di bawah lukisan berjudul Bunga Matahari, milik Van Gogh.

“Apa yang lebih berharga, kehidupan atau karya seni? Apakah itu lebih berharga dibanding makanan? Dibanding keadilan? Apakah kalian lebih khawatir tentang perlindungan atas lukisan, atau perlindungan planet kita,” kata salah satu aktivis bernama Phoebe Plummer ditulis Satu Viral, Selasa (18/10/2022).

Anti Mainstream, Polisi Coret Dinding Kantor Polisi ‘Sarang Pungli dan Sarang Korupsi’

Satuviral

Diketahui lukisan itu adalah koleksi paling berharga di galeri seni ini. Van Gogh membuat lukisan itu ketika ia tinggal di Selatan Perancis di tahun 1987. Lukisan ini ditafsirkan bernilai USD 39 juta atau sekitar Rp 600 miliar.

Peristiwa itu tentu saja mengagetkan pengunjung Galeri Nasional di London. Salah satu pengunjung sempat berteriak “Ya Tuhan” ketika dua orang aktivis itu tiba-tiba melempar sup tomat ke lukisan Sunflowers.

- Advertisement -

Ditangkap Polisi

Staf Galeri Nasional dengan cepat menangkap keduanya lalu mensterilkan ruangan. Lukisan segera dibersihkan. Selanjutnya, pihak galeri juga mengkonfirmasi pelemparan itu tidak merusak lukisan.

“Para aparat kini sudah di lokasi. Ada kerusakan kecil pada bingkainya, tetapi lukisan itu tidak rusak,” ujar pihak Galeri.

Selama dua minggu terakhir, kelompok Just Stop Oil telah melangsungkan protes di pusat kota London. Mereka membuat jengkel para sopir dan pekerja di sekitar. Protes ini kemudian memicu reaksi beragam. Salah seorang warga, Sophie Wright mengaku bisa mengerti aksi mereka setelah mengetahui lukisan tidak rusak.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Sambo Bagi-Bagi Uang dan Iphone usai Bunuh Yosua

Satuviral

“Saya mendukung penyebab protesnya dan sepertinya protes mereka punya tujuan untuk menimbulkan kewaspadaan dan mengejutkan orang-orang. Asalkan mereka tidak melukai atau membahayakan orang lain, saya mendukung mereka,” katanya.

Reaksi Sophie berbeda dengan warga lain. “Mereka mungkin mencoba membuat orang berpikir soal isu ini. tetapi akhirnya mereka hanya membuat orang lain jengkel dan marah,” kata saksi mata yang tidak mau disebutkan namanya tersebut.

Para aktivis ini konsisten mendorong agar Pemerintah Inggris konsisten menghentikan produksi minyak berbahan bakar fosil. Juru bicara kelompok protes, Alex de Koning menjelaskan aksi di dalam Galeri Nasional London dilakukan karena pihaknya menilai pengunjung museum sangat egois.

“Mereka jenis orang yang tak punya otak dan tak memikirkan isu besar di planet. Mereka hanya berfikir keindahan sebuah lukisan, rela mengeluarkan uang jutaan dan lupa dengan kesulitan di sekitarnya.,” katanya.

Aksi protes ini berlangsung selama dua pekan. Polisi sendiri menangkap sedikitnya 28 aktivis selama protes berlangsung dua pekan terakhir. Mereka ditangkap karena melakukan aksi yang meresahkan warga dan merusak beberapa fasilitas umum.

Aksi protes tak lazim dilakukan oleh komunitas bernama Just Stop Oil (Hentikan Minyak), di London, pada Jumat 14 Oktober 2022, pagi. Mereka melempar saus tomat ke sejumlah karya seni, di antaranya lukisan legendaris karya Vincent van Gogh.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -