Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralViral! Warganet Curhat Modus Baru Pinjaman Online

Viral: Viral! Warganet Curhat Modus Baru Pinjaman Online

Modus Penipuan Baru

Info Viral – Pinjaman Online (Pinjol) sering ditemui di masyarakat karena kemudahannya. Namun, bentuk penipuan dengan pinjaman ini terkadang masih banyak ditemukan.

Sebut saja modus salah transfer sejumlah dana yang masuk ke salah satu rekening.  Belakangan, fenomena ini kembali terjadi di masyarakat. Akun @anastasya_anis mengunggah video yang dibagikan melalui Tik Tok.

Dia mengatakan temannya hampir tertipu oleh model pinjaman baru. Awalnya, seseorang menelepon dan mengatakan bahwa mereka kehilangan dana sekitar 20 Juta.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Mau Untung, Ratusan Mahasiswa IPB Malah Terjerat Pinjol

Satuviral

Setelah dicek, dana sudah masuk ke rekening yang bersangkutan. Namun, Anastasia mengatakan temannya tidak segera mengirimkannya kepada orang yang mengaku melakukan transfer. Dana ini terindikasi sebagai pinjaman online.

“Nah, karena teman saya tidak punya mobile banking, akhirnya dia cek ATM, dan ada transfer 20 juta. Untung teman saya tidak langsung transfer balik ke orang itu,” ujarnya, Senin (21/11/2022).

Setelah dicek bahwa dana tidak berasal dari rekening pribadi sebagai tanda transfer yang salah. Sebaliknya, dana ini sebagai pinjaman online.

“Dia langsung ke bank untuk tanyain informasi tentang dana yang masuk ini, apakah salah transfer atau bukan. Nah akhirnya bank ini ngecek ternyata bank itu bilang, kalau ini bukan salah transfer tapi ini adalah transfer dari pinjaman online,” paparnya.

Gunakan Data Orang Lain

Setelah ditelusuri, ternyata dana pinjaman masuk melalui salah satunya. Penelepon menggunakan data teman Anastasya untuk mengakses pinjaman.

Jadi uang pinjaman ditransfer ke rekening teman Anastasia. Pola ini sudah muncul beberapa waktu lalu.

“Ternyata orang yang menelpon tadi menggunakan data teman saya untuk melakukan pinjaman online. Untung saja teman saya tidak langsung mentransfer kembali. Untung dia ke bank mau tanya dulu, ini real atau kesalahan transfer,” jelasnya.

Jika orang yang menjawab panggilan segera mengirimkan uang, kemungkinan besar dia akan menanggung beban pinjaman online. Ini adalah beban tambahan dan kerugian yang lebih besar.

Begini Biar Aman

Pinjaman online atau pinjol adalah salah satu cara orang mendapatkan uang dengan mudah dan instan. Fenomena pinjol ini sering terjadi pada masyarakat yang membutuhkan dana darurat.

Info Viral: Kesal dan Geram, Enno Lerian Curhat Terjerat Pinjol

Satuviral

Akses pinjaman yang mudah dan cepat membuat masyarakat menggunakan layanan ini. Namun sayangnya, praktik pinjam meminjam uang seringkali ilegal dan berkaitan langsung dengan riba.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Tak heran jika dampak negatif dari pinjaman pun beragam karena tingginya suku bunga, misalnya banyak peminjam yang tidak mampu membayar akhirnya menjadi depresi, kemudian mencoba menjual organnya (ginjal) hingga bunuh diri.

Selain itu, pinjaman online memiliki beberapa efek negatif. Apa yang membuatmu penasaran? Berikut rangkuman Djkn.Kemenekeu, Sabtu (19/11/2022).

1. Bunga Kompetitif

Dibandingkan dengan produk pinjaman yang ditawarkan oleh bank, Ditawarkan oleh bank, pinjaman tersebut menawarkan tingkat bunga yang cukup tinggi. Pinjaman online ilegal seringkali tidak memperhatikan nilai bunga, dan bunga pinjaman akan meningkat dan berkembang di jalan, yang bahkan lebih berbahaya.

Gunakan dengan baik saat pinjam uang online, tergantung kemampuan bayar Anda. Pinjaman yang diatur oleh OJK, khususnya, membatasi suku bunga online hingga 0,8% per hari.

Pastikan saat meminjam uang, bunganya sesuai dengan kemampuan Anda dan aturan penerapan bunganya jelas. Hal ini dilakukan untuk menghindari suku bunga yang berlebihan karena tidak adanya aturan yang jelas.

2. Terlena Dengan Kemudahan

Karena proses pengajuan pinjaman online ini sangat sederhana, cukup sekali klik di layar handphone, dan Anda bisa langsung menerimanya. Banyak orang yang terlena dengan layanan pinjaman ini.

Proses aplikasinya masih mudah karena jumlahnya besar, jadi ini akan menggoda Anda untuk meminjam lebih banyak uang meskipun kebutuhan Anda tidak terlalu besar.

Satu Viral buat kamu makin tau info menarik. Buat dapetin informasi berita viral, gosip viral, artis viral dan berita terkini, kamu bisa kunjungi website Satu Viral.

Yuk, follow akun Instagram SatuViral

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com