Thursday, February 29, 2024
HomeTrending ViralViral Wilayah Mekkah Menghijau 6 Kali Lipat

Viral: Viral Wilayah Mekkah Menghijau 6 Kali Lipat

Mekkah Semakin Hijau

Viral – Kota Mekah di Arab Saudi menjadi lebih hijau enam kali lipat dalam lima bulan terakhir. Pusat Nasional Pengembangan Tutupan Vegetasi dan Sertifikasi Pemberantasan (NCVC) Arab Saudi mengumumkan peningkatan sebesar 600 persen, atau enam kali lipat, dalam lima bulan terakhir, Saudi Gazette melaporkan.

Cakupan vegetasi akan meningkat pada bulan Agustus hingga Desember 2023. Laporan analisis penginderaan jauh menyebutkan pada Agustus 2023, total luas tutupan vegetasi di Kota Mekkah adalah 3.529,4 kilometer persegi. Luas wilayah ini mencapai 2,3% dari total luas Mekkah.

Akibat peningkatan curah hujan, luas vegetasi meningkat pada bulan-bulan berikutnya, bahkan curah hujan mencapai 20 mm di banyak wilayah Mekah. 

Diperkirakan luas tutupan vegetasi akan meningkat menjadi 26.256 kilometer persegi pada akhir tahun.

- Advertisement -

Pada bulan desember 2023, tutupan vegetasi ini mencakup 17,1% dari total wilayah yang ada di Makkah. Wilayah yang banyak meningkat adalah wilayah pegunungan dan dataran tinggi yang dekat dengan laut merah. 

Sementara itu wilayah yang meningkat juga ada di wilayah kegubernuran Makkah yaitu Taif, Al Laith, Al Jumum, Al Kamil, dan Khulais.

NCVC juga melakukan penelitian terhadap kondisi di kawasan dengan tutupan vegetasi yang meningkat dan memantau perubahan di lokasi proyek penanaman pohon. 

Pihaknya juga menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk melacak perubahan tutupan lahan dan menilai kesehatan tanaman.

Langkah penting untuk meningkatkan penghijauan ini tidak hanya mencerminkan keberhasilan upaya Arab Saudi, namun juga menggarisbawahi komitmen negara tersebut terhadap perlindungan lingkungan dan peningkatan keberlanjutan.

Peningkatan signifikan pada tutupan vegetasi menunjukkan dampak positif dari langkah-langkah konservasi dan reboisasi strategis, yang menegaskan komitmen negara tersebut untuk memerangi penggurunan dan melindungi lanskap alamnya.

Find us on Social Media

- Advertisement -

Popular Categories

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -

Ads on Satuviral

- Advertisement -