Saturday, December 10, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralWaroeng SS Potong Gaji Karyawan Terima BSU, Begini Klarifikasi Pemilik

Viral: Waroeng SS Potong Gaji Karyawan Terima BSU, Begini Klarifikasi Pemilik

Potong Gaji atau Mundur dari Perusahaan

Info Viral; Waroeng SS (Spesial Sambal) mendadak viral di media sosial karena memotong gaji karyawan yang menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) dari pemerintah. Pemotongan ini tertulis dalam surat edaran kepada seluruh karyawan per 21 Oktober 2022. Di surat itu tertulis Waroeng SS memangkas gaji Rp300 ribu bagi karyawan penerima BSU.

Surat edaran ini viral usai pertama kali diunggah pengguna Twitter @prahoro_. Akun itu kini sudah hilang. Tapi unggahannya turut diunggah ulang oleh pengguna Twitter lain, seperti @SemestaBuruh.

Pemilik WSS Yoyok Hery Wahyono membenarkan keluarnya surat edaran itu. Pihaknya sudah penuh pertimbangan untuk menetapkan kebijakan ini. Pemotongan gaji dilakukan pada November dan Desember 2022.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: Jembatan di India Ambruk, Puluhan Orang Tewas Tenggelam

Satuviral

Apabila ada karyawan keberatan, mereka diminta menandatangani surat pengunduran diri. Surat pengunduran diri pun dilampirkan pihak direksi dalam surat pemotongan gaji itu.

“Benar itu kebijakan saya. Keputusan saya yang siap saya pertanggung jawabkan di hadapan Tuhan Allah SWT, hukum negara dan kebenaran atau keadilan,” terang Yoyok seperti di tulis Satu Viral, Senin (31/10) di Jakarta.

Alasan Dibalik Pemotongan Gaji

Yoyok menyampaikan, kebijakan tersebut dikeluarkan dengan tujuan agar pemerataan keadilan. Sehingga tidak ada kecemburuan antar pegawai yang menerima dan tidak menerima BSU.

Dijelaskannya, pada tahun 2021 hanya sebagian pegawai yang akan menerima BSU. Tahun ini juga, tidak semua orang mendapat BSU. Hal ini justru mengganggu kecemburuan dan keharmonisan antar karyawan.

“Ada yang paham, ada yang tidak. Malah mereka tidak akur karena kita tidak saling kenal secara langsung,” kata Yoyok.

Info Viral: Video Detik-detik Mengerikan Ratusan Orang Tewas di Itaewon

Satuviral

Jika hanya menimbulkan perselisihan, sebaiknya tidak membantu, kata Yoyok. Karena membangun kohesi dalam suatu perusahaan tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama.

“Akhirnya, kami membangun 4.000 orang menjadi satu keluarga. Satu baris, satu perintah, berbagi kemakmuran. Karena kami tidak mengerti AIDS yang terbukti, itu dihancurkan,” katanya.

Ia mengaku tidak ada pemotongan gaji di Waroeng SS. Karena selama ini perusahaan membayar iuran BPJS dengan tidak memotong gaji pegawai. Di sisi lain, pihaknya telah menaikkan upah karyawan sejak Agustus-September 2022.

Soal bantuan, dia menyebut bahwa selama ini perusahaan tidak pernah dilibatkan dalam verifikasi BSU. Ia menegaskan akan mencabut kebijakan pemotongan gaji tersebut Jika BSU merata ke semua pegawai.

Sebab selama ini ia mengungkapkan sudah menggaji karyawan dengan sistem yang hampir sama. Diluar gaji, para pegawai Waroeng SS mendapatkan beberapa tunjangan, mulai dari beasiswa pendidikan untuk putra dan putri pegawai, hingga tunjangan tempat tinggal.

Kemenaker Usut Pemotongan Kasus Gaji

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berujar, akan mengusut kejadian ini. Pihaknya sudah memerintahkan Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker Indah Anggoro Putri mendalami kasus tersebut.

“Nanti akan kami pelajari ya, saya minta Dirjen PHI untuk mempelajari,” kata Ida di Jakarta Convention Center.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan manajemen Waroeng SS.

Menurut Anwar, BSU murni milik pekerja. Sehingga tidak bisa dipotong oleh pemilik usaha atau perusahaan. Penerimanya pun sudah sesuai dengan persyaratan yang diatur oleh pemerintah. Kemnaker, kata dia, betul-betul akan menaruh perhatian pada masalah yang sudah viral di media sosial ini.

“Karena yang namanya BSU kan clear diberikan kepada pekerja yang memenuhi persyaratan-persyaratan penerima BSU. Jadi tunggu ya, mudah-mudahan kita bisa ada solusi terbaik menyangkut masalah di Waroeng SS,” kata Anwar.

Dapatkan informasi celebrity gosip viral tentang para artis viral indonesia dan berita viral dengan cara mengecek kateogry di atas. Jangan sampai kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com