Advertisement
Sunday, June 26, 2022
Advertisement

Waspada! Cacar Monyet Mewabah Kembali, Ini Gejalanya

Berita Viral : Virus Cacar Monyet kembali mewabah di belasan negara di dunia. Badan Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini telah menerima laporan sekitar 200 kasus cacar monyet yang di 12 negara di benua Eropa dan Amerika.

Manga Hunter X Hunter Kembali Setelah 4 Tahun “Menghilang”

Satuviral

Kasus cacar monyet telah dilaporkan di setidaknya sembilan negara, yakni Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris, serta Amerika Serikat (AS), Kanada dan Australia.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr. Mohammad Syahril mengatakan belum ada laporan kasus cacar monyet di Indonesia. Kendati begitu, Kemenkes tetap melakukan sejumlah kewaspadaan untuk mencegah terjadinya penularan di Indonesia.

“Hingga saat ini belum ada kasus (cacar monyet) yang dilaporkan dari Indonesia,” katanya pada keterangan pers yang diterima oleh Satu Viral di Jakarta, (27/05)

Mesut Ozil Bahagia Soljum di Istiqlal : Ini Cita-cita Saya

Satuviral

WHO menilai ini kemunculan kembali cacar monyet janggal. Pasalnya ini adalah penyakit endemik di Afrika barat dan tengah. Namun kini mewabah ke luar Benua hitam tersebut.

Waspada, ini Cara Penularan Cacar Monyet

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun ia bukan disebabkan atau ditularkan oleh Monyet. Penyakit ini masih satu keluarga yang sama dengan cacar.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan cacar monyet dapat membunuh sebanyak 1 dari 10 orang yang terjangkit penyakit tersebut.

Gejala awal cacar monyet termasuk demam, sakit kepala, sakit punggung, nyeri otot dan energi rendah.

Kemudian berkembang menjadi ruam pada wajah, tangan, kaki, mata, mulut atau alat kelamin yang berubah menjadi benjolan atau papula. Benjolan tersebut kemudian menjadi lecet yang sering menyerupai cacar air.

Virus penyebab cacar monyet menyebar melalui tetesan besar cairan pernapasan dan cairan tubuh. Penyakit ini biasanya menyebar melalui kontak dekat.

Namun para ilmuwan mengatakan virus tersebut tidak menyebar semudah SARS-CoV-2.

Obat Penyembuh Cacar Monyet

Buya Syafii Meninggal, ini Penyebabnya

Satuviral

Pejabat WHO menyebut Vaksin yang digunakan untuk mencegah cacar 85% efektif dalam mencegah cacar monyet.

Ada dua jenis vaksin yang tersedia. Pertama, adalah vaksin cacar monyet dengan dua suntikan. Suntikan pertama diberikan di awal, kemudian yang kedua diberikan 4 minggu kemudian. Sementara yang kedua adalah vaksin hanya dengan satu kali suntikan.

Selalu menjaga kesehatan dan kebersihan adalah kunci agar terhindar dari segala penyakit.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Kumpulan Berita Viral SatuViral

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Leave feedback about this

Advertisement

Stay Connected

1,500FansLike
15,213FollowersFollow
1,674FollowersFollow
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -