Advertisement
Saturday, August 20, 2022
Advertisement

Waspada, Efek Samping Skin Care Mengandung Retinol

Ibu Hamil dan Menyusui Dilarang Pakai Retinol

Info Terkini; Skincare mengandung retinol tengah booming di sejumlah produk kecantikan. Retinol adalah sejenis retinoid yang terbuat dari vitamin A.

Bahan aktif ini kerap ditemukan di serum atau pelembab. Mengutip Healthline, para peneliti menemukan bahwa retinol bisa memudarkan bekas jerawat, meratakan warna kulit tak merata, dan mempercepat pergantian sel kulit.

Retinol memiliki sejumlah manfaat seperti menghilangkan garis halus, kerutan,dan memperkecil pori-pori besar. Retinol juga dapat menyamarkan bintik hitam akibat paparan matahari dan membuat tekstur kulit jadi lebih rata.

Tapi Sobat Viral yang punya kulit sensitif, ibu hamil dan menyusui harus waspada sebelum memakai skincare yang mengandung retinol.

Meskipun mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan wajah, penggunaan retinol bisa menimbulkan sejumlah efek samping. Di bawah ini ada beberapa efek samping dari penggunaan retinol pada kulit wajah.

Kulit Wajah Menjadi Kemerahan

Jangan Tunggu Sampai Tertular, Ini Tips Cegah Cacar Monyet

Satuviral

Pemakaian retinol pada wajah yang sensitif bisa memicu kulit wajah menjadi kemerahan. Di bulan pertama pemakaian retinol, kulit wajah bisa memerah. Kemerahan bisa cepat terlihat saat terpapar sinar Matahari.
Sobat Viral yang punya kulit sensitif cobalah untuk menguji efek retinol sebelum mencoba. Kalian bisa oleskan sedikit serum ke bagian telinga. Jika tampak kemerahan, maka tidak perlu dilanjutkan ke wajah.

Membuat Wajah Iritasi

Bentuk efek samping dari penggunaan retinol berikutnya adalah risiko kemunculan iritasi pada kulit wajah.

Pada dasarnya zat retinol melatih kulit agar bisa beregenerasi dalam waktu yang lebih cepat. Karena itulah pada awal-awal pemakaian retinol dapat menyebabkan kulit menjadi mengelupas dan peradangan.

Menjadi Sensitif Terhadap Paparan Cahaya Matahari

Retinol dapat membuat wajah Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ini karena cara kerja retinol adalah membuang sel kulit wajah yang kusam serta merangsang bertumbuhnya sel kulit baru.
Saat retinol membuang sel kulit wajah lama, maka lapisan kulit yang baru di lapisan bawahnya mudah terekspos serta terbakar sinar matahari. Kamu bisa mengatasinya dengan selalu mengoleskan tabir surya alias sunblock di wajah dan kulit badan.

Dapat menyebabkan Kecacatan dan Keguguran Pada Ibu Hamil

Waspada, Ini Ciri-ciri Kosmetik Bermerkuri yang Berbahaya Untuk Kulit

Satuviral

Ibu hamil sebaiknya menghindari retinol. Pasalnya, bahan aktif ini bisa terserap ke dalam aliran darah dan menembus plasenta. Hal ini bisa membahayakan janin dan menimbulkan kecacatan.

Salah satu kondisi yang bisa terjadi akibat penggunaan retinol selama hamil adalah sindrom retinoid janin.

Kondisi ini bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat sekitar 18–28 persen. Bentuk kecacatan seperti bibir sumbing, hidrosefalus dan Mikrosefali. Di sisi lain, terlalu banyak terpapar vitamin A selama hamil juga diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran.

So, Sobat Viral perlu lebih cermat memperhatikan komposisi dan bahan-bahan penyusun skincare. Baca dulu komposisi dan indigrents skincare sebelum membeli.

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.

Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,700FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
991FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Popular Categories

- Advertisement -