Advertisement
Saturday, October 1, 2022
HomeHealthWaspada Hernia Bisa terjadi Pada Bayi, Ini Tanda-tandanya

Waspada Hernia Bisa terjadi Pada Bayi, Ini Tanda-tandanya

Lebih Banyak Menyerang Bayi Laki-laki

Berita Viral; Anak pertama Rizky Billar dan Lesti Kejora akan menjalani operasi hernia. Keduanya meminta doa kelancaran operasi Bayi bernama Muhammad Leslar Al-fatih Billar(7 bulan).  Apa itu Hernia dan bagaimana gejala Hernia pada bayi?

Hernia adalah kondisi ketika jaringan ikat tubuh tidak cukup kuat menahan organ tubuh di dalamnya agar berada di posisinya masing-masing.  Hal ini membuat ada tonjolan atau benjolan di area yang lemah tersebut.

Kejadian ini dapat terjadi pada anak-anak sejak bayi hingga orang dewasa. Bahkan hernia pada bayi dan anak-anak adalah kondisi umum yang sering dialami.  

Waspada, Efek Samping Skin Care Mengandung Retinol

Satuviral

Hernia pada bayi yang sering terjadi adalah hernia umbilikalis. Umbilikalis terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak mendorong dan mencuat di dinding perut, tepatnya di pusar. Jenis ini biasanya dialami oleh bayi dan anak di bawah usia 6 bulan. Hal ini akibat lubang tali pusat tidak tertutup sempurna setelah lahir.

Jenis kedua adalah hernia inguinalis. Inguinalis terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan.  Bayi pria memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami hernia inguinalis.

Pengobatan hernia bisa dilakukan dengan latihan memperkuat otot jika masih ringan. Namun jika sudah parah, penderita perlu di operasi. Gejala hernia pada bayi dapat muncul sejak baru lahir. Namun, banyak orangtua yang tidak menyadari ada gejala hernia pada bayinya setelah beberapa minggu atau bulan sejak si kecil dilahirkan. 

Gejala Terlihat Sejak Lahir

Tanda-tanda hernia umbilikalis terlihat dengan munculnya benjolan atau pembengkakan di daerah pusar. Bengkak atau tonjolan hernia lebih terlihat saat si kecil menangis, batuk, atau mengejan saat buang air.  

Contek, Tips Perut Langsing dan Body Kencang Ala Wulan Guritno

Satuviral

Sementara gejala hernia inguinalis umumnya berupa tonjolan atau bengkak kecil di selangkangan atau skrotum. Di beberapa kasus, benjolan hernia pada bayi tidak dapat didorong atau dikembalikan ke tempat semula. Bagian usus tersebut dapat tersangkut di sela-sela otot perut. 

Jika bayi menderita Hernia, Perut akan membulat dan terlihat penuh  Bayi akan merasa sakit perut, muntah hingga rewel. Kulit di sekitar hernia akan kemerahan atau berubah warna. Bahkan bayi akan mengalami demam jika usus terjepit dan tak segera diobati. JIka didiamkan pasokan darah ke bagian usus lain terhambat dan dapat berdampak fatal. 

Baca terus Satu Viral agar menjadi media Berita Viral yang memberikan info viral kepada kawula muda. Setiap harinnya akan memberikan Berita Viral Terkini dan Info Viral terupdate untuk kamu.Jangan lupa cek category Event Satu Viral karena dengan membaca artikel Satu Viral kamu bisa bergabung dengan komunitas  #satucircle dan dapatkan jutaan hadiahnya.

Related Articles

Advertisement

Stay Connected

0FansLike
14,601FollowersFollow
1FollowersFollow
0FollowersFollow
286FollowersFollow
0SubscribersSubscribe

Advertisement

Advertisement

Popular Categories

Advertisement