Thursday, December 1, 2022
- Advertisement -
HomeTrending ViralWaspada! KLB Polio Mengintai Anak Indonesia

Viral: Waspada! KLB Polio Mengintai Anak Indonesia

Temuan 1 Kasus Polio di Pidie Aceh

Info Viral: Pemerintah Indonesia menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) polio di dalam negeri. Status ini keluar usai menemukan adanya satu anak yang terinfeksi virus Polio di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Sang anak menderita kelumpuhan syaraf kaki akibat kena virus Polio.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu memaparkan anak yang kena virus polio berusia 7 tahun 2 bulan. Sang anak belum pernah sama sekali divaksin polio.

“Dari hasil tes, anak itu mengidap Virus Polio Tipe 2 dan Sabin Type 3. Efek polio ada pengecilan pada otot paha dan betis kiri,” katanya dalam siaran pers yang ditulis Satuviral.com di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Pemerintah Indonesia menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) polio di dalam negeri. Status ini keluar usai menemukan adanya satu anak yang terinfeks – SATUVIRAL

Info Viral: Video Pengusaha Adu Jotos di Munas HIPMI Solo, Terungkap Penyebabnya

satuviral

Menurut pengamatan timnya, sang anak kena polio karena tinggal diwilayah yang tidak bersih. Lingkungan di sekitar sang anak belum banyak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Masih ada penduduk yang menerapkan BAB terbuka (di sungai). Meskipun ada toilet, lubang pembuangan langsung mengalir ke sungai. Padahal air itu digunakan untuk sumber aktivitas penduduk.” jelasnya.

Rendahnya Tingkat Vaksinasi Polio

Faktor lainnya adalah masih rendahnya angka vaksinasi polio di wilayah ini. Kemenkes pun gerak cepat mencegah penularan polio. Salah satunya pemerintah akan menggenjot kembali program vaksinasi Oral Polio Vaccine (OPV) dan Inactivated Polio Vaccine (IPV) di seluruh Indonesia.

Untuk tahap awal, lanjut Maxi kegiatan imunisasi akan dilakukan di Kabupaten Pidie mulai 28 November 2022. Kegiatan vaksinasi direncanakan selesai di seluruh Provinsi Aceh pada 5 Desember 2022.

Berita Viral SatuViral – SATUVIRAL

Info Viral: MUI Keluarkan Fatwa Haram Busur Panah, Ini Sebabnya

Satuviral

Pemerintah masih bernegosiasi dengan WHO untuk mengimunisasi anak di bawah 13 tahun di seluruh Indonesia. Selain itu, pemerintah aktif memantau Puskesmas untuk melihat berapa banyak anak yang tidak divaksinasi polio.

Puskesmas juga wajib mencatat data jika menemukan kelumpuhan mendadak pada anak di bawah usia 15 tahun. Penetapan wabah polio ini baru terjadi pada tahun 2022. Sebelumnya, Indonesia ditetapkan sebagai negara bebas polio selama delapan tahun berturut-turut.

Oleh karena itu, hanya dibutuhkan satu kasus bagi pemerintah untuk mendefinisikannya sebagai wabah KLB. Menurut data Kementerian Kesehatan RI, saat ini sebanyak 415 kabupaten/kota di 30 provinsi di Indonesia telah masuk dalam standar risiko tinggi polio. Hal itu terjadi karena covid-19 membuat angka imunisasi melorot.

Selain Indonesia, sejumlah negara mengumumkan penemuan kasus serupa. Tercatat per 15 November 2022 ada 15 negara yang melaporkan kasus itu diantaranya Ukraina, Algeria, Yaman, Amerika Serikat dan sejumlah negara di Afrika.

Pantau terus informasi di Satuviral.com Sob. Biar kamu update terus info viral, gosip viral selebriti, info artis viral Indonesia dan berita viral. Jangan sampai kudet ya.

Find us on Social Media

   
Facebook SatuViral
   
Twitter SatuViral
Youtube Channel SatuViral
   
Tiktok SatuViral
   
Pinterest SatuViral
LinkedIn SatuViral
   
Medium SatuViral
   
Vimeo SatuViral

Popular Categories

Ads on Satuviral

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com